Jelang Debat Capres, Jokowi Dilatih Selama 5 Jam

Jelang Debat Capres, Jokowi Dilatih Selama 5 Jam
Jakarta-Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) benar-benar mempersiapkan diri menghadapi debat kedua yang akan digelar, Minggu (15/6/2014), besok.
 
Selain mengumpulkan tim khusus debatnya dari Jakarta ke kota Solo, Jawa Tengah, hari ini Jokowi pun melakukan sejumlah simulasi latihan debat yang dilakukan di sebuah ruangan di salah satu hotel di Solo.
 
"Kita ini kan latihan. Menyiapkan simulasi. Memang semuanya harus disiapkan dengan perencanaan yang baik," ungkap Jokowi usai bertemu Pengasuh Majelis Ahbabul Musthofa, Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf di Solo, Jawa Tengah (14/6/2014).
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan akan melakukan perubahan format debat calon presiden/wakil presiden.
 
Karena itu, Jokowi pun menyiapkan sungguh-sungguh aneka materi dan aneka simulasi debat. Termasuk saat format debat tidak di podium.
 
"Iya dong ada simulasi. Kan Ini forumnya beda. Forumnya tidak di podium tapi duduk di kursi," ujarnya.
 
Lebih lanjut Jokowi mengaku telah sejak pagi hingga siang hari pada pukul 12.00 WIB persiapan materi dan simulasi latihan dilakukannya dan tim di Solo.
 
"Lima-enam jamlah. Dari tadi pagi sampai jam 12," jelasnya.
 
Jokowi pun menilai tak ada alasan khusus memilih kota Solo sebagai
tempat pematangan materi debat. Alasan tak memiliki waktu yang panjang dan lama di tengah aneka jadwal kampanye yang padat dilakukan Jokowi di sejumlah daerah di Jawa Barat dan Jawa Tengah. "Jadi ya sudah enggak ada waktu," ucapnya.
 
Jokowi belum bisa memaparkan hal-hal atau materi-materi apa saja yang akan diangkatnya saat debat besok. "Enggak mungkin dipaparkan sekarang. Besok saja," jelasnya.
 
Seperti diberitakan, setelah melakukan kampanye empat hari dengan agenda yang padat, hari ini, Sabtu (14/6/2014) Calon Presiden Joko Widodo memilih waktu untuk bersama keluarganya di kediamannya di Solo, Jawa Tengah.
 
Selain juga mantan Walikota Solo ini juga mempersiapkan dirinya untuk menghadapi debat Capres kedua, yang akan mengangkat topik "pembangunan ekonomi dan kesejahteraan sosial."
 
"Saya besok butuh waktu untuk persiapan," ujar Jokowi di sela santap malam di salah satu rumah makan di Yogyakarta, Jumat (13/6/2014).
 
Meskipun, di tengah kesibukan melakukan kegiatan kampanye sejak Rabu (11/6/2014) hingga Jumat (13/6/2014) malam, tidak membuat dirinya lupa untuk mempersiapkan diri menghadapi debat Minggu (15/6/2014) mendatang.
 
Di tengah padatnya kegiatannya mulai dari Bandung hingga Kebumen, Jawa Tengah, Jokowi tetap mempersiapkan diri menghadapi debat. "Ya biasalah, yang namanya apapun mesti harus disiapkan. Ada perencanaan," ungkap Jokowi di tengah kunjungannya ke Museum Soesilo Soedarman, di desa Gentasari, Kecamatan Kroya, Cilacap, Jawa Tengah, Jumat (13/6/2014) malam.
 
Gubernur non-aktif DKI Jakarta ini pun mengaku ada tim kecil yang turut menyiapkan materi baginya.
 
Tapi, menurut Jokowi, yang terpenting dari semuanya itu adalah makan dan istirahat yang banyak menjelang debat.
 
"Ada organisasi kecil yang menyiapkan. Mesti ada seperti itu dong. Tapi yang paling penting ya makan banyak, tidur banyak," ucap Jokowi diikuti senyum tawanya.
 
Siapa tim kecil yang menyiapkan materi mengenai ekonomi untuk debat? Jokowi merahasiakan tim kecil yang dimaksudkannya.
 
"Ya enggak usah saya sebutkan. Pengen tahu saja, saya juga punya rahasia," tuturnya.
 
"Intinya, memang sisi ekonomi mestinya yang kita gerakkan adalah sisi-sisi ekonomi kerakyatan, pasar rakyat, petani, nelayan. Itu kira-kira," pungkasnya.
 
Debat tahap kedua yaitu debat capres dengan tema Pembangunan Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial. Sementara itu acara debat akan berlangsung di Hotel Gran Melia dan disiarkan secara langsung oleh Metro TV pukul 20.00 WIB. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index