Riau

BLH Inhu Juara I Lomba Status Lingkungan Hidup Daerah se-Riau

RENGAT-Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) berhasil meraih juara pertama pada lomba Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) se Provinsi Riau yang diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se dunia.
 
“Setelah melalui proses penilian oleh BLH Provinsi Riau, Alhamdulillah, BLH Kabupaten Inhu ditetapkan sebagai juara pertama lomba SLHD se Riau,” ujar Kepala BLH Kabupaten Inhu Moch Bayu Setiya Budiono SH, Selasa (3/6).
 
Dijelaskan Bayu, ada beberapa kriteria yang menjadi penilaian BLH Provinsi Riau pada lomba SLHD tersebut, diantaranya mengenai dokumen keanekaragaman hanyati berupa flora dan fauna di setiap kabupaten/kota.
          
Selain itu, BLH Provinsi Riau juga menilai tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) lingkungan hidup yang terdiri dari pelayanan pencegahan percemaran air, pelayanan pencegahan pencemaran udara dari sumber tidak bergerak dan pelayanan status kerusakan lahan.
 
“SPM bidang lingkungan hidup adalah ketentuan mengenai jenis dan mutu pelayanan dasar bidang lingkungan hidup yang merupakan urusan wajib daerah yang berhak diperoleh setiap warga secara minimal,” ungkapnya.
          
Penghargaan atas prestasi itu, sambung Bayu, akan serahkan langsung oleh Gubenur Riau H Annas Ma’amun pada peringatan hari lingkungan hidup se dunia tingkat Provinsi Riau pada tanggal 30 Juni mendatang di Tembilahan. “Prestasi ini tidak terlepas dari bimbingan dan arahan Bupati Inhu,” sebutnya.
          
Sementara itu, pada peringatan hari lingkungan hidup se dunia tahun 2014 ini, Pemkab Inhu akan mengajukan empat sekolah untuk mengikuti lomba adiwiyata tingkat Provinsi Riau. Sekolah yang akan mengikuti lomba itu yakni, SMPN 1 Sungai Lala, SMPN 1 Rengat, SMKN 1 Rengat dan MAN 1 Rengat.
          
Selain itu, pada peringatan hari lingkungan hidup se dunia, pihaknya telah melaksanakan lomba kebersihan antar kelurahan dalam Kecamatan Rengat. Bersamaan dengan itu juga telah dilaksanakan lomba kebersihan antar SKPD.
 
“Lomba mewarnai tentang lingkungan hidup juga telah dilaksanakan antar TK. Kemudian untuk tingkat SLTA dilaksanakan lomba karya tulis dan antar SLTP dilaksanakan lomba kebersihan se Kecanatan Rengat. Kepada para pemenang akan diberikan hadiah pada pelaksanaan upacara peringatan hari lingkungan hidup se dunia,” terangnya.(cr01/isc)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]