Puskemas Baru Bakal Dibangun di Kecamatan Rakit Kulim

Puskemas Baru Bakal Dibangun di Kecamatan Rakit Kulim
RENGAT-Kepala Dinas Kesehatan Inhu, H Suhardi mengungkapkan bahwa tahun anggaran 2014 ini Puskesmas baru akan dibangun di Kabupaten Inhu, tepatnya di Desa Rimba Seminai, Kecamatan Rakit Kulim. Pembangunan Puskesmas tersebut bersumber dari APBD Provinsi Riau senilai Rp 3 miliar.
 
“Tahun ini akan ada satu Puskesmas lagi di Kabupaten Inhu. Pembangunan Puskesmas ini dilakukan setelah adanya hibah lahan dari masyarakat Desa Rimba Seminai. Mudah-mudahan dengan pembangunan Puskesmas ini, pelayanan kesehatan di Kecamatan Rakit Kulim akan semakin meningkat,” ujar Suhardi, Jumat (30/5).
 
Selain pembangunan Puskesmas baru, pada tahun ini Dinas Kesehatan Inhu sudah merencanakan untuk peresmian pemakaian dua gedung Puskesmas baru di Pangkalan Kasai Kecamatan Seberida dan di Desa Kilan, Kecamatan Batang Cenaku.
 
Tidak hanya itu, Dinas Kesehatan juga sudah memprogramkan tiga Puskesmas di wilayah Inhu pada tahun 2015 mendatang menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Tiga Puskesmas itu, masing-masing Puskesmas Pangkalan Kasai, Puskesmas Airmolek dan Puskesmas Peranap.
 
“Sebagai persiapan menuju BLUD itu, hanya tinggal Puskesmas Peranap yang masih berjalan pembangunannnya dan pada tahun ini juga akan dapat tuntas.  Dengan ditingkatkan menjadi BLUD, banyak manfaat yang akan diterima Puskesmas dalam upaya meningkatan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat,” ujarnya.
 
Terkait adanya keinginan masyarakat agar Puskesmas Pembantu (Pustu) di Desa Banjar Balam Kecamatan Lirik ditingkatkan statusnya menjadi Puskesmas rawat inap. Suhardi mengungkapkan hal itu tidak bisa saja dilakukan asalkan telah memenuhi syarat yang ditetapkan.
 
“Kalau memang hal itu menjadi permintaan masyarakat, bisa saja status Pustu ditingkatkan menjadi Puskesmas karena alasan tidak mampu lagi melayani karena wilayah kerja dan jangkauannya meliputi empat desa di Kecamatan Lirik,” ujarnya.
 
Namun demikian, untuk meningkatkan status Pustu perlu dibarengi dengan peningkatan bangunan fisik, peralatan dan penambahan tenaga medis. Karena itu, sebelum dilaksanakan pembangunan gedung baru, harus terlebih dahulu tersedia lahan yang disiapkan masyarakat dalam bentuk hibah.
 
Dengan adanya pembangunan gedung baru tersebut, sudah dapat memenuhi sebagian syarat untuk peningkatan status Pustu disamping jumlah pendudukan yang telah memadai. Kemudian sambil berjalan, pemerintah tinggal melengkapi peralatan dan penyiapan tenaga medis. (TM01)

 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index