20 Rumah Warga Rangsang Pesisir Terancam

Miris, Sudah 6 Rumah yang Tenggelam Di Laut

Miris, Sudah 6 Rumah yang Tenggelam Di Laut
SELATPANJANG, Riaudaily.com  -  Sebanyak 6 rumah di Sialang Pasung Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti sudah nyebur ke laut, sementara 20 lainnya masih menunggu giliran. Ini merupakan akibat abrasi yang terus saja mengancam penduduk di wilayah pesisir.
 
Hal itu disampaikan Camat Rangsang Pesisir, Idris Sudin SPd didampingi Sekretarisnya, Ismail kepada sejumlah wartawan, Kamis (29/5/2014). Kata Idris, bagi warga yang rumahnya sudah jatuh kelaut terpaksa harus menumpang di rumah keluarga dan sanak saudara.
 
"Di Sialang Pasung, 6 rumah sudah campak (terjatuh, red) ke laut. Kejadiannya sudah lama. Saat ini 20 rumah lagi berada di bibir tebing yang terancam akan ikut tercampak kelaut," ungkapnya.
 
Ditambahkan Idris, karena merasa khawatir rumah yang mereka tempati tercebur ke laut, warga secara bergotong royong membangun penahan gelombang (turap, red) dari batang nibung. Sehingga gelombang kuat dari Selat Malaka tidak langsung menghantam dan meruntuhkan tanah serta bangunan yang ada di tepi laut.
 
Untuk itu, selaku wakil masyarakat Rangsang Pesisir ini, Idris menuturkan mereka sangat membutuhkan peran yang lebih besar dari Pemerintah Pusat, Provinsi dan Kabupaten dalam mengatasi ini. Bisa melalui pembangunan batu pemecah ombak atau sejenisnya. Dengan demikian nantinya bisa menahan gelombang lebih maksimal lagi dalam menyelematkan daratan," kata Idris.
 
Lebih jauh pembangunan rumah layak huni juga menjadi prioritas yang harus dibangun. Karena nantinya akan membantu masyarakat yang tidak memiliki rumah, termasuk masyarakat yang sudah tidak memiliki tempat tinggal karena menjadi korban abrasi. 
 
"Memang kondisi keterbatasan infrastruktur daerah kita sangat komplek. Mulai dari minimnya sarana jalan, infrastruktur bangunan, dan lainnya. Bahkan kantor Camat saja saat ini masih menumpang," terangnya.(rep05/grc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index