Tim Penilai dari Kementerian Perhubungan Kunjungi Kabupaten Inhu

Pertamakali Lolos Tahap Dua Penghargaan WTN

Pertamakali Lolos Tahap Dua Penghargaan WTN

Rengat-Tim penilai penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) mengunjungi Kabupaten Inhu, Selasa (27/5). Kedatangan tim dari Dirjend Perhubungan Darat Kementrian Perhubungan tersebut dalam rangka penilaian tahap dua penghargaan WTN untuk Kabupaten Inhu.

 
WTN merupakan penghargaan yang diberikan Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik. Penghargaan ini diberikan tiap tahun dan keikutsertaan Kabupaten Inhu tahun 2014 ini merupakan yang pertamakalinya.
 
Penghargaan WTN akan diberikan untuk kategori kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil. Aspek penataan transportasi yang berkelanjutan dan berbasis kepentingan publik serta ramah lingkungan menjadi pertimbangan terbesar dalam penilaian tersebut.
 
Kedatangan tim yang di Ketuai, Karlo Manik tersebut disambut langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Inhu, Erpandi berserta jajaran. Selain menggelar pertemuan di ruang kerja Kadishubkominfo, tim juga turun ke sejumlah titik transportasi publik yang ada di jalan nasional, jalan provinsi dan jalan kabupaten, serta terminal angkutan umum.
 
“Kabupaten Inhu baru pertama kali lolos ke tahap dua untuk penilaian penghargaan WTN ini. Pada penilaian tahap pertama adalah administrasi dan Kabupaten Inhu berhasil lolos dengan meraih nilai 7,82,” kata Kepala Dishubkominfo Inhu, Erpandi, usai menerima kedatangan tim penilai WTN. Diungkapkan Erpandi, meski baru pertama kalinya lolos ke tahap kedua penilaian WTN, namun pihaknya optimis, Kabupaten Inhu bisa lolos untuk penilaian tahap berikutnya.
 
Sementara itu, ketua tim penilai, Karlo Manik menyebutkan, peningkatan kualitas pelayanan transportasi perkotaan bisa terus dilakukan bersamaan dengan adanya ajang penghargaan WTN yang sudah memasuki tahun ke 22.
 
“Saat ini penilaian sudah memasuki tahap II dan belum diputuskan siapa yang akan mendapatkan penghargaan tertinggi Wahana Tata Nugraha. Pemberiannya akan dilaksanakan bertepatan dengan Hari Perhubungan Nasional 17 September 2014 mendatang,” ujar Karlo Manik.
 
Dijelaskannya, penghargaan WTN bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh wilayah di Indonesia agar meningkatkan sarana dan prasarana jalan, mendorong meningkatkan sistem transportasi menjadi lebih baik, melakukan pembenahan organisasi dan pemberdayaan sumber daya manusia.
“Kami berharap, dengan kegiatan ini akan tercipta hubungan komunikasi yang baik antara Pemerintah Pusat dan Daerah, dalam rangka pembinaan transportasi perkotaan,” imbuh Karlo.
 
Selain itu, pelaksanaan WTN dilakukan sebagai upaya perbaikan dan peningkatan sarana dan prasarana transportasi perkotaan sesuai rekomendasi tim penilai penghargaan kepada pemerintah daerah. “WTN bukanlah ajang pertandingan untuk mencari siapa yang juara, namun untuk melihat sejauh mana keseriusan pemerintah daerah dalam pembangunan bidang transportasi , berikut dengan segala fasilitas dan system yang diterapkan,” jelasnya.
 

Terdapat sembilan kategori penghargaan yang akan diserahkan, yakni Sertifikat WTN, Plakat WTN, Piala WTN, Piala WTN Kencana, Piala WTN Wira Karya, Piala WTN Wiratama, Piala WTN Wiratama Kencana, Piala WTN Kategori Lalu Lintas dan Piala WTN Kategori Angkutan.rsc/isc

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index