Riau

Ke Depan, Kualitas Spiritual Umat Jadi Fokus Pembangunan Siak

Siak-Sebagai salah satu bentuk ibadah, seluruh urusan penyelenggaraan pemerintahan di lingkungan Pemkab Siak kedepan akan diarahkan sebagai media dakwah dan syiar Islam pada masyarakat.
 
Demikan disampaikan Wakil Bupati Siak Drs H Alfedri MSi dihadapan jamaah Mesjid Al-Fattah Siak Sri Indrapura sempena Peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1435 Hijriah, Senin kemarin (26/05).
 
"Urusan penyelenggaraan kepemerintahan kedepan harus dapat meningkatkan kualitas spiritual masyarakat Kabupaten Siak melalui berbagai kesempatan dan kebijakan," ujar Alfedri.
 
Upaya meningkatkan kualitas spiritual masyarakat tersebut, dikatakan Alfedri, merupakan bentuk ikhtiar bersama untuk melaksanakan perintah Allah SWT dalam hal amar ma’ruf nahi munkar di negeri istana. "Mari bersama-sama kita meningkatkan kualitas spiritual ummat agar keberkahan terus mengalir kepada kita, dan segala bentuk azab senantiasa dijauhkan," tambah pemangku gelar adat Datuk Timbalan Setia Amanah ini.
 
Dijelaskan Wabup, kualitas ibadah bisa ditingkatkan dalam berbagai bentuk kebijakan pembangunan. Misalnya gerakan maghrib mengaji, pengajian rutin, shalat berjamaah hingga menggalakkan gerakan membayar zakat ditengah masyarakat. "Alhamdulillah gerakan zakat penghasilan terus meningkat, ini bentuk peningkatan kualitas spiritual ummat," jelasnya. 
 
Ditambahkannya, keberhasilan pembangunan di kabupaten Siak yang diukur dari banyaknya apresiasi dan penghargaan yang diterima, boleh jadi merupakan bentuk keberkahan yang datang dari Allah SWT dalam bentuk memudahkan pemangunan daerah. Kabupaten Siak beberapa tahun terakhir menerima sederet penghargaan nerskala nasional atas keberhasilan pembangunan daerah diberbagai bidang.
 
Diantaranya piala Adipura, Wahana Tata Nugraha, Kota Layak Anak, Opini WTP, Anugerah Parahita Eka Prahaya, Paten, dan terakhir Juara II Lomba Desa BBGRM Nasional dan Anugrah K3. Namun disisi lain menurut Wabup, Pemkab Siak juga terus berikhtiar menuntaskan sejumlah permasalahan sosial yang dihadapi seperti kenakalan remaja dan kekerasan terhadap anak.
 
Kegiatan peringatan Isra' Mi'raj tersebut dihadiri ratusan masyarakat Kota Siak Sri Indrapura dan PNS dilingkungan Pemkab Siak. Kegiatan diisi dengan Tabligh Akbar dan doa bersama oleh da'i kondang H.Abdul Somad, lc, MA dari kelompok kajian Islam Tafaqquh Pekanbaru.(Fandy)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]