Ini Dia Orang Paling Kaya di China

 Ini Dia Orang Paling Kaya di China
Jakarta-Negara China memiliki pengguna internet terbesar di dunia dengan pertumbuhan pasar e-commerce tercepat. Oleh karena itu tidak mengherankan apabila para pengusaha dari Negara Tirai Bambu sangat ambisius masuk dalam daftar Forbes Billionaires.
 
Dilansir dari Forbes, Sabtu (24/5/2014), terdapat 10 pengusaha asal China yang masuk dalam daftar jajaran orang terkaya di dunia. Berikut daftar nama pengusaha terkaya itu
 
1.Ma Huateng, Tencent Holdings
Ma adalah pendiri dan CEO Tencent Holdings, perusahaan Internet China terbesar terutama bila dilihat dari dari kapitalisasi pasar. 
 
Ma merupakan enterpreneur Internet terkaya China tahun ini, saham Tencent telah naik dua kali lipat dalam satu tahun terakhir. Ma memiliki kekayaan USD13,4 Miliar yang menjadikannya orang terkaya di China dan 80 di dunia.
 
2. Robin Li, Baidu
Robin Li adalah CEO Baidu, perusahaan pencarian online nomor satu di China. Saham Baidu telah meningkat selama tahun lalu, Baidu juga memperluas bisnis dengan melakukan akuisisi, pada Mei lalu, Baidu membayar USD370 juta untuk bisnis video online dari PPS. 
 
Pada Agustus, Baidu juga membeli toko app 91 Wireless sebesar USD1,9 miliar dan pada bulan yang sama, membeli 59 persen saham situs Nuomi untuk sebesar USD160 juta. Dengan kekayaan USD12,1 Miliar, maka Robin menempati posisi kedua di China sebagai orang terkaya dan 91 di dunia.
 
3. Jack Ma, Alibaba 
Jack Ma adalah pendiri utama dari Alibaba Group, bisnis e-commerce terbesar di China. Selain Ma dan wakil ketua Joseph Tsai, keduanya pada tahun ini masuk dalam daftar list orang terkaya versi Forbes. 
 
Jack memiliki kekayaan sebesar USD10 miliar dan membuatnya menempati posisi ketiga terkaya di china dan posisi 122 di dunia.
 
4. Zhang Zhidong, Tencent Holdin 
Zhang Zhidong adalah kepala kantor teknologi dan pemegang saham individu terbesar kedua pada Tencent, perusahaan Internet terbesar di China berdasarkan kapitalisasi pasar. 
 
Lonjakan harga saham Tencent membuat kekayaan Zhang naik USD2,2 miliar ntuk kekayaan bersihnya selama tahun lalu. Sehingga kekayaannya saat ini mencapai USD4,8 miliar membuatnya berada di posisi keempat di China dan 305 di dunia.
 
5. William Ding, Netease
William Ding adalah pelopor industri Internet China dan memiliki 45 persen saham dari operator game online NetEase. Ding memimpin perusahaan yang tahun ini mendapatkan keuntungan sebesar 17 persen menjadi USD1,6 miliar.  Kekayaan yang dimilikinya sebesar USD4,2 miliar dan 354 di dunia. 
 
6. Lei Jun, Kingsoft
Kekayaan Lei telah meningkat dari USD1,5 miliar per tahun menjadi USD4 miliar melalui keberhasilan smartphone yang dipimpinnya, Xiaomi. Oleh karena itu, dengan kekayaannya tersebut, Lei berhasil menempati posisi keenam di China dan 375 di dunia.
 
7. Liu Qiangdong, JD.com 
China adalah negara yang paling cepat berkembang terutama pada pasar e-commerce dan JD.com yang dipimpin oleh CEO Liu Qiangdong adalah salah satu kisah sukses atas industri tersebut, dengan kekayaan USD2,7 miliar menempatknnya di posisi ketujuh dan 642 di dunia.
 
8. Zhou Hongyi, Qihoo 360 Technology
Kekayaan Hongyi bernilai lebih dari CEO Yahoo, Marissa Meyer. Dengan keberhasilannya, dirinya berhasil mengumpulkan kekayaan hingga USD2,1 milar. Kekayaan tersebut menempatkan dirinya di posisi ke delapan di China dan 828 di dunia. 
 
9. Mo Tianquan, SouFun Holdings 
Mo Tianquan, juga dikenal sebagai Vincent-chairs SouFun Holdings, penyedia online informasi real estate yang sahamnya tercatat di Bursa Efek New York. Dengan kekayaan USD1,9 miliar, dirinya masuk ke peringkat sembilan di China dan 931 di dunia.
 
10. Chen Tianqiao, Shanda Interactive Entertaiment
Chen Tianqiao memimpin Shanda Interaktif, pelopor dalam industri game online di China. Memiliki kekayaan USD1,5 miliar yang membuatnya berada di posisi sepuluh pengusaha terkaya di China dan 1154 di dunia. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index