Besok, KPU Riau Plenokan DPSHP

Besok, KPU Riau Plenokan DPSHP
PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau akan menggelar rapat pleno pengesahan daftar pemilih sementara (DPS) yang sudah disingkronkan menjadi data pemilih sementara hasil perbaikan (DPSHP) pilpres 2014 di kantor KPU Provinsi Riau, Ahad (18/5/2014).
 
Kasubag Data dan Program KPU Provinsi Riau, Muhammad Ikhsan mengatakan saat ini seluruh penyelenggara pemilu di tingkat bawah sedang memperbaiki dan menyingkronkan data-data pemilih.nNantinya akan hadir dalam rapat pleno tersebut perwakilan partai politik, Bawaslu Riau dan KPU kabupaten/kota seluruh Riau.
 
‘’Data awalnya untuk DPS sudah ada, diambil dari daftar pemilih tetap, daftar pemilih khusus, daftar pemilih tambahan dan daftar pemilih khusus tambahan dalam pemilihan legislatif 2014 lalu. Kemudian disingkronkan menjadi DPS dan Ahad itu akan diplenokan menjadi DPSHP,’’ kata Ikhsan.
 
Sebelumnya dalam pileg 2014, KPU Provinsi Riau telah menetapkan DPK sebanyak 64.336 pemilih dan DPT yang jumlahnya 4.075.721 pemilih dalam pileg 2014. Agar DPSHP tersebut benar-benar menjadi DPT yang mencakup semua pemilih di seluruh daerah di Riau, maka diminta agar semua penyelenggara yang betugas untuk betul-betul mencermati pemilih di daerahnya masing-masing. 
 
Masyarakat juga diminta ikut berperan untuk mencermati jika ada data yang salah.  ‘’Masyarakat juga diminta mencermati jika ada data yang salah, ada warga yang sudah meninggal tapi masih tercatat, ada warga baru yang belum tercatat, atau ada warga yang sudah berumur 17 tahun pada tanggal 10 April sampai 9 Juli mendatang, itu akan dicatatkan sebagai pemilih pemula,’’ kata Ikhsan.
 
Ikhsan juga mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk mengingatkan petugas di daerahnya masing-masing jika ada bagian dari masyarakat yang lulus sebagai TNI atau Polri sejak 10 April sampai 9 Juli. ‘’Kalau pensiun berarti memiliki hak pilih, tapi jika menjadi anggota Polri dan TNI tentunya tidak memenuhi syarat lagi menjadi pemilih. Ini perlu juga diperhatikan agar tidak ada kesalahan dalam pendataan pilpres 2014 ini,’’ kata Ikhsan.(Rep05/rpc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index