Benarkah Orang Gemuk Lebih Sulit Berteman?

 Benarkah Orang Gemuk Lebih Sulit Berteman?
Kelebihan berat badan ternyata bukan cuma mengacaukan metabolisme tubuh, tapi juga pergaulan. Sebuah studi menemukan, orang gemuk memiliki teman lebih sedikit karena mereka sering ditolak oleh orang bertubuh langsing.
 
Studi yang dilakukan di AS itu menunjukkan, orang muda yang kegemukan lebih memilih teman yang bertubuh normal. Tetapi, mereka sendiri sering tidak dipilih. 
 
"Kami menemukan bukti yang konsisten bahwa orang muda yang gemuk lebih sering memilih teman bertubuh ideal dibanding orang langsing memih mereka," kata peneliti David Schaefer yang menganalisa jaringan pertemanan. 
 
Karena itulah anak muda yang kegemukan akhirnya lebih sering berteman dengan orang yang kegemukan juga. Mereka juga cenderung memiliki teman lebih sedikit. 
 
"Ini bisa jadi masalah bagi anak muda karena persahabatan adalah sumber dukungan dalam hidupnya. Memiliki sedikit teman bisa jadi sumber depresi dan rendahnya kepercayaan diri," kata Sandra Simpkin, peneliti.
 
Studi tersebut dilakukan dengan menganalisa data National Longitudinal Study of Adolescent Health yang menyurvei 58.987 pelajar. (rep05) 
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index