Jokowi Versus Prabowo, Siapa Lebih Kaya?

Jokowi Versus Prabowo, Siapa Lebih Kaya?
Jakarta - Joko Widodo dan Prabowo Subianto menjadi dua nama yang digadang akan bertarung pada pemilihan presiden mendatang. Keduanya diusung oleh koalisi yang terdiri dari setidaknya tiga partai. Berapa besar kekuatan dana masing-masing calon itu?
 
Jokowi tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 27,26 miliar. Jumlah tersebut dilaporkan calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu pada 31 Maret 2012 melalui dokumen Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara.
 
Kekayaan Jokowi terdiri dari harta tak bergerak senilai Rp 23,77 miliar dan harta bergerak seperti kendaraan senilai Rp 499 juta dan logam mulia Rp 361,35 juta.
 
Harta Jokowi meningkat Rp 9 miliar ketimbang LHKPN yang dilaporkan dua tahun sebelumnya. Pada 2010, Jokowi mencatatkan kekayaan sebesar Rp 18,4 miliar. Menurut Jokowi, tambahan kekayaan itu disumbang oleh peningkatan nilai tanah dan bangunan yang dimiliki berdasarkan nilai jual obyek pajak. “Kalau jumlah tanah dan bangunannya justru berkurang,” kata Jokowi saat diwawancara sebagai Wali Kota Solo, Juni 2012.
 
Adapun Prabowo yang diusung Partai Gerakan Indonesia Raya terakhir melaporkan harta kekayaannya dalam LHKPN pada September 2003. Dalam laporan itu Prabowo mencatatkan diri sebagai mantan Komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI, Departemen Pertahanan. Dia mengungkapkan kekayaannya sebesar Rp 10,15 miliar.
 
Rincian harta Prabowo terseidi dari harta tidak bergerak sebesar Rp 2,73 miliar dan harta bergeraknya sebesar Rp 1,45 miliar, logam mulia Rp 44 juta, dan lainnya Rp 68 juta.
 
Prabowo sendiri dipecat dari TNI Angkatan Darat oleh Panglima TNI Jenderal Wiranto pada 1999. Setelah kejadian itu, Prabowo beralih profesi sebagai pengusaha. Dia sempat dua tahun berbisnis ke Yordania. Di sanalah Prabowo meniti usaha hingga kemudian kembali ke Tanah Air. Salah satu bisnis dia adalah batu bara.
 
Pada 2009, Prabowo sempat melaporkan kekayaannya karena mencalonkan diri sebagai calon presiden pendamping Megawati Sukarnoputri. Ketika itu, kekayaan Prabowo melonjak hingga lebih dari lebih dari Rp 1,6 triliun--sekira 60 kali lipat kekayaan Jokowi pada 2010.
 
Menurut laporan tertanggal 18 Mei 2009 itu, harta Prabowo bernilai Rp 1,58 triliun dan US$ 7,572. Perinciannya, bagian terbesar bersumber dari surat berharga, yang nilainya Rp 1,5 triliun. Laporan itu melejit dibanding total kekayaan dia pada 2003. (rep01)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index