Mau Tahu 10 Fakta tentang BOKO HARAM? Ini Dia Catatannya

 Mau Tahu 10 Fakta tentang BOKO HARAM? Ini Dia Catatannya
Jakarta-Boko Haram menjadi perhatian dunia setelah aksinya menculik 200 pelajar perempuan Nigeria beberapa waktu lalu. Bahkan, mereka mengancam akan menjual para sandera sebagai budak.
 
Didirikan oleh Mohammed Yusuf pada 2002, kelompok ini memiliki tujuan mendirikan negara Islam 'murni'. Seperti dikutip dari hmetro, berikut 10 fakta terkait Boko Haram.
 
1. Nama rasminya adalah Jama’atu Ahlis Sunna Lidda’awati wal-Jihad (Gerakan Dakwah Ahli Sunnah dan Jihad), namun diberi nama Boko Haram atau 'Haramkan Pendidikan Barat' dalam bahasa setempat.
2. Sebanyak 10.000 orang diperkirakan tewas dalam kekerasan terkait Boko Haram sepanjang periode 2002-2013.
 
3. Menurut Human Right Watch, Boko Haram selama periode 2009-2012 bertanggung jawab atas 900 pembunuhan melalui berbagai insiden kekerasan.
4. Boko Haram menganggap keterlibatan Muslim dalam partai politik atau kegiatan sosial yang memiliki korelasi dengan organisasi Barat sebagai sesuatu yang ilegal. Itu termasuk pemilu, memakai kemeja dan celana panjang atau menerima pendidikan sekuler.
 
5. Mohamed Yusuf mendirikan Boko Haram di Maiduguri pada 2002. Dia mendirikan kompleks agama termasuk masjid dan sekolah agama yang dijadikan pusat perekrutan anggota baru.
 
6. Pada tahun 2009, Boko Haram meluncurkan serangan terhadap gedung pemerintah dan kantor polisi setelah operasi besar-besaran yang diluncurkan pasukan keamanan untuk memberantas kelompok itu sehingga Mohamed Yusuf ditangkap sebelum akhirnya meninggal dalam tahanan.
 
7. Boko Haram tidak mengakui pemerintah Nigeria. Mereka menginginkan Nigeria menjadi negara Islam.
 
8. Laporan Amerika Serikat pada 2011 menyebut Boko Haram adalah ancaman terbaru yang semakin merajalela dan dilaporkan memiliki hubungan dengan Al Qaidah di Afrika .
 
9. Boko Haram terkenal dengan gaya serangan menggunakan penyerang bermotor untuk membunuh anggota polisi, politisi, ulama atau siapapun yang mengecam kelompok tersebut.
 
10. Sejak 2011, Nigeria dilaporkan bekerjasama dengan AS dan CIA untuk menghentikan Boko Haram. Namun, kelompok itu terus memicu kekerasan dan bertindak kejam. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index