Peresmian Bank Sampah

Harris: Adanya Bank Sampah, Bisa Bermanfaat Bagi Warga

Harris: Adanya Bank Sampah, Bisa Bermanfaat Bagi Warga
PANGKALANKERINCI - Bank sampah merupakan salah satu bentuk solusi dalam mengatasi persoalan sampah yang ada tengah masyarakat. Prinsip dasar pengolahan sampah ramah lingkungan harus diawali perubahan cara melihat dan memperlakukan sampah.
 
Hal ini terungkap saat Bupati Pelalawan, HM Harris meresmikan Bank Sampah Permata Bunda yang mengelola berbagai jenis sampah, di Kelurahan Pangkalan Kerinci Timur, Kecamatan Pangkalan Kerinci, Kamis (14/5/2014).
 
"Sudah saatnya sampah mempunya nilai guna dan manfaat, sehingga tidak layak dibuang,"ujar Bupati Harris.
 
Disampaikanya, bahwa pelaksanaan bank sampah dan gerakan 3R adalah langkah nyata dalam membumikan perubahan paradigma pengelolaan sampah.
 
"Bank sampah adalah strategi untuk membangun kepedulian masyarakat agar dapat 'berkawan' dengan sampah. Masyarakat juga akan mendapatkan manfaat ekonomi langsung dari sampah,"katanya.
 
Selain itu, pengembangan sampah juga harus menjadi momentum awal dalam membina kesadaran kolektif masyarakat, dari mulai memilah, mendaur ulang dan memanfaatkan sampah guna membangun lingkungan yang lebih baik sekaligus membangun ekonomi kerakyatan.
 
Hadir dalam acara tersebut, Ketua BKMT Pusat Prof Tuty Alawiyah, Ketua BKMT Provinsi Riau Hj Roslaini Ismail Suko, Ketua BKMT Pelalawan Hj Ratna Mainar Harris, Ketua Dharma Wanita Pelalawan Hj Asnidar Marwan.(Rep05/grc)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index