Bengkalis Alokasikan Rp30 M untuk Masjid dan Musholla

Bengkalis Alokasikan Rp30 M untuk Masjid dan Musholla
Bupati Bengkalis, H Herliyan Saleh menyerahkan bantuan rumah ibadah kepada pengurus masjid dan mushallah

BENGKALIS-Pemerintah Kabupaten Bengkalis pada tahun 2013 ini mengalokasikan anggaran Rp30,781 miliar untuk 340 masjid dan mushola se-Kabupaten Bengkalis. Secara rinci jumlah masjid sebanyak 185 buah sebesar Rp21,846 miliar dan musolla sebanyak 155 buah sebesar Rp8,934 miliar.

Hal itu diungkapkan Bupati Bengkalis pada peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di Masjid Istiqomah, Rabu (5/6) malam. Herliyan turut menyerahkan  bantuan pada 45 masjid dan musholla yang ada di kecamatan Bengkalis dengan total nilai mencapai Rp6,287 miliar. Besarnya dana yang diterima setiap masjid dan musholla jumlahnya bervariasi berkisar antara Rp20 juta hingga Rp500 juta.  

"Sesuai rencana penyerahan bantuan masjid dan musholla akan dilakukan di setiap kecamatan. Insya-Allah, pada peringatan hari besar keagamaan di setiap, Bupati menyerahkan langsung kepada pengurus masjid dan mushola.

Dikatakan, bantuan rumah ibadah sebagai bentuk kepedulian Pemkab Bengkalis untuk pembangunan bidang keagamaan, agar terwujud masyarakat kabupaten Bengkalis yang religius. ''Mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat dan dapat digunakan sebaik-baiknya guna menunjang ibadah untuk meningkatkan iman dan taqwa masyarakat,' ungkap Herliyan.

Herliyan juga berharap, keberadaan masjid jangan hanya terlihat megah, namun harus dibarengi dengan kegiatan-kegiatan religius, seperti shalat berjamaah, pendidikan mengaji anak-anak. ''Pada zaman Rasulullah SAW, masjid hanya tempat shalat semata, namun dijadikan juga sebagai sarana melakukan pemberdayaan umat, seperti tempat pembinaan dan penyebaran dakwah Islam, sebagai tempat untuk konsultasi dan komunikasi masalah ekonomi, sosial dan budaya,'' ujar Herliyan. (cr01/mtr)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index