E-KTP Lamban, Masyarakat Lebih Pilih Urus KTP Siak

E-KTP Lamban, Masyarakat Lebih Pilih Urus KTP Siak
Riaudaily.com, PEKANBARU - Akibat lambannya pencetakan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), masyarakat Pekanbaru lebih memilih KTP Biru atau KTP Siak. Hingga tri wulan pertama  tahun 2014, total KTP Siak yang sudah diterbitkan mencapai 14.128 lembar.
 
"Kita tetap menerbitkan KTP Siak bagi yang belum memperoleh e-KTP karena yang mengajukan permohonan pembuatan KTP Siak sendiri juga banyak. Kita juga masih menganggarkan pengadaan blanko KTP Siak," jelas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, Baharuddin kepada Wartawan, Selasa (13/5/2014) kemaren.
 
Menurutnya, sepanjang pencetakan e-KTP masih berada dipusat, proses penerbitan e-KTP akan tetap lama. Dia mengatakan daerah juga tidak punya kewenangan untuk memaksa pusat menyerahkan pencetakan e-KTP kepada daerah.
 
"Selain karena bergantung pada pusat, meningkatnya jumlah pengurusan KTP Siak juga dikarenakan banyaknya warga yang mengurus KTP pemula karena baru berumur 17 tahun," ungkapnya.
 
Dikatakannya, untuk pengurusan KTP Siak sendiri ditegaskan Baharudin pihaknya berusaha maksimal menyesuaikan dengan Standar Operasional Pelayanan (SOP) yang sudah ada. Untuk KTP bagi yang persyaratannya sudah lengkap diupayakan bisa selesai dalam waktu 14 hari kerja.
 
"Kita masih berharap pusat segera mendatangkan alat pencetak e-KTP tersebut ke daerah, agar masyarakat tidak menunggu lama lagi untuk mendapatkan e-KTP," imbuhnya. (Rep07)

 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index