Seorang Warga Dumai Diduga Terkena Virus MERS-CoV

Seorang Warga Dumai Diduga Terkena Virus MERS-CoV
DUMAI - Mulyadi Aziz (53) Warga Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Dumai Selatan yang baru saja tiba di Pelabuhan Pelindo I Dumai diduga terkena virus Middle East respiratory syndrome coronavirus (MERS-CoV) setelah usai menjalankan ibadah umrah di Makkah, Arab Saudi. 
 
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai menemukan tanda-tanda MERS-CoV seperti panas tubuh 38 derajat disertai batuk-batu yang saat ini diderita Mulyadi Aziz. Selasa (13/5/14), setibanya di pelabuhan penumpang Pelindo I Dumai, Mulyadi langsung dilarikan ke RSUD Dumai untuk perawatan lebih lanjut. 
 
Suprapto, Kepala Seksi Pengendalian Karantina dan Surpelen Epidemologi Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai mengatakan, sebelum dilarikan ke RSUD Dumai, Petugas KKP melakukan pemeriksaan kepada Mulyadi Aziz (53) dan ditemukan tanda-tanda MERS-CoVseperti suhu tubuhnya mencapai 38 derajat disertai batuk. 
 
"Saat diperiksa menggunakan alat pengukur suhu tubuh (Thermalscanner) dan Infrared Thermometer, suhu tubuhnya mencapai 38 derajat disertai batuk. Tanda-tanda lain yang bersangkutan terlihat lemas bahkan tidak sanggup mengangkat barang bawaannya. Oleh sebab itu, yang bersangkutan langsung dilarikan ke RSUD," jelasnya, seperti yang dikutip dari Riauterkini. 
 
Tambahnya, selain melakukan pemeriksaan panas suhu tubuh, KKP Dumai juga melakukan body clean menggunakan cairan alkohol 90 persen kepada seluruh jemaah umroh yang baru tiba di Pelabuhan Penumpang Pelindo I Kota Dumai, Jalan Datuk Laksamana Kecamatan Dumai Timur. 
 
"Selain memeriksa panas suhu tubuh jemaah umroh, kami juga melakukan body clean menggunakan cairan alkohol 90 persen kepada seluruh jamaah yang baru tiba. Hal ini dilakukan untuk membunuh virus MERS-CoVyang menempel pada pakaian dan tas yang dibawa jemaah dari tanah cuci," pungkasnya. 
 
Mulyadi Aziz sendiri ketika dikonfirmasi terpisah mengaku bahwa kondisi tubuhnya mulai sudah tidak enak sejak dua hari jelang pemulangannya menuju Indonesia setelah menjalankan ibadah umrah yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Dumai sejak 15 hari lalu. 
 
"Benar kondisi kesehatan saya kurang enak. Saya sendiri tidak tau penyakit apa yang saya derita ini. Saya sendiri menyebutkan kondisi kurang enak ini karena kecapekaan saja mungkin," ungkap Mulyadi sebelum akhirnya dirawat di RSUD Kota Dumai. 
 
Direktur RSUD Dumai Syaiful ketika dikonfirmasi membenarkan adanya seorang pasien pulang umrah yang dilarikan ke rumah sakit karena diduga terkena virus MERS-CoV. Namun demikian, pihaknya belum bisa menyimpulkan apa penyakit yang diderita pasien itu sendiri.***(rep01/rtc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index