Kata Ilmuwan: Manusia Belum Siap Bertemu Alien

 Kata Ilmuwan: Manusia Belum Siap Bertemu Alien
Madrid-Misi pencarian terhadap tanda-tanda kehidupan asing di luar Bumi tak pernah berhenti. Berbagai teknologi muktahir telah dilibatkan, tapi hingga kini hasilnya nihil.
 
Seorang profesor dari University of Cadiz, Spanyol bernama Gabriel De la Torre, punya alasan mengapa misi itu tak kunjung berhasil. "Mungkin ada baiknya apabila manusia tidak akan dapat menemukan alien atau makhluk hidup di luar bumi," ujar dia dilansir Daily Mail, Kamis 8 Mei 2014.
 
Kata dia, ada beberapa alasan kenapa makhluk asing atau alien tidak dapat ditemukan. Pertama, karena kurangnya pengetahuan yang menyangkut antariksa termasuk alien. Kedua, manusia masih terlalu sibuk mengurusi kehidupan sendiri. Faktor terakhir karena agama menjadi unsur terkuatnya.
 
Semua faktor itu diungkapkan, setelah dia melakukan survei dari 116 mahasiwa dari Amerika Serikat, Italia dan Spanyol. Pemilihan responden dengan pertimbangan mahasiswa di masa depan bakal menjadi penentu kebijakan.
 
Beragam pertanyaan diberikan kepada responden, seputar agama, lingkungan, ilmu pengetahuan, kegiatan sehari-hari dan pendapat mereka tentang masalah kehidupan.
 
Hasilnya menunjukkan masih besarnya pengaruh agama, 72,8 persen meyakini keberadaan setan dan malaikat, tak berpikir manusia adalah asal usul dari pemanasan global (33,7 persen), pentingnya badan antariksa (82,1 persen), militer seharusnya memainkan peran utama dalam kontak dengan alien (71,4 persen), alien potensial menaklukkan manusia bila ditemukan (80 persen), alien telah mengunjungi manusia di masa lalu (78 persen).
 
"Kesimpulanya pengetahuan ilmiah terkait antariksa kurang bagus. Lebih banyak menjelaskan dari aspek agama, Jadi saya pikir lembaga antariksa harus meningkatkan upaya pendidikan," kata De la Torre.
 
"Jadi ini kenapa saya katakan manusia belum siap apabila harus bertemu dengan alien atau juga menemukannya".
 
Dia menambahkan ada kemungkinan makhluk asing itu ada di luar sana dan berbeda dari sisi fisik, mental, sosial dan moralnya dari manusia.
 
"Mungkin saja tidak seperti manusia yang memiliki tubuh dengan unsur biologi, tidak menutup kemungkinan mereka adalah robot," ujar De la Torre yang bekerja untuk proyek Mars 500. (rep05/dci)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index