Bawang Merah Bikin Mata Menangis, Ini Penyebabnya

Bawang Merah Bikin Mata Menangis, Ini Penyebabnya
Jakarta - Setiap mengiris atau memotong bawang merah bisa dipastikan mata menangis. Fakta yang sudah dikenal luas dan hampir semua orang mengalaminya. Ketika mulai memotong atau mengiris bawang, maka mata terasa perih dan tanpa disadari air mata pun jatuh mengalir di pipi. Banyak orang melakukan upaya untuk menggosok demi menghindari tangisan yang lebih lanjut, namun hal ini justru hanya akan membuat semakin buruk.
 
Bagaimana sebenarnya mengiris dan memotong bawang membuat kita menangis? Dalam ulasan jurnal kesehatan pada edisi April 2014, dijelaskan saat mengiris atau memotong bawang, berarti memecah sel di dalamnya yang membuat bawang melepaskan kandungan asam sulfenik. Asam ini tercampur dengan enzim dan kemudian menghasilkan gas yang disebut propanethiol D-oxide.
 
Saat gas ini mencapai mata kita dan tercampur dengan air di dalam mata kita, maka terbentuklah asam sulfurik. Bawang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh kita untuk menurunkan kolesterol dan bawang, juga mengandung vitamin C yang tinggi.
 
Pada asam sulfurik ini yang akan membuat mata terasa perih dan menghasilkan air mata keluar. Semakin banyak air mata yang diproduksi, semakin banyak juga asam dihasilkan, sehingga semakin lama dapat menyebabkan iritasi. Dengan memasak bawang akan membuat enzim menjadi tidak aktif dan mata kita kembali normal. 
 
Disarankan untuk menghindari terjadinya hal ini, sebaiknya memotong bawang dekat atau di bawah air mengalir. Dengan kondisi ini, akan membuat gas dari bawang terserap air yang mengalir dan tidak mengenai mata. Tetapi cara ini dianggap tidak praktis dan tidak hemat air. Kemudian memotong atau mengiris bawang di bawah air dapat mengakibatkan kecelakaan.
 
Ada juga saran sebaiknya bawang didinginkan terlebih dulu yang bertujuan untuk memperlambat pelepasan asam dari bawang. Memang bawang tak perlu sampai beku, hanya dinginkan di frezeer selama sepuluh atau lima belas menit saja.
 
Yang menarik, saran menggunakan pelindung mata saat mengiris atau memotong bawang, namun hal ini bisa jadi bahan tertawaan keluarga. Bagi para tukang masak profesional menyarankan untuk memotong atau mengiris bawang lebih cepat sehingga gas dari bawang tidak sempat masuk ke dalam mata. Sayangnya, hal ini tidak mudah dan sulit dilakukan. (rep03)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index