Ternyata Pria Merasa Lebih Tampan Setelah Anaknya Lahir

Ternyata Pria Merasa Lebih Tampan Setelah Anaknya Lahir

Berbeda dengan wanita yang merasa lusuh dan tak menarik setelah melahirkan, pria justru merasa dirinya lebih tampan setelah memiliki anak. Para peneliti di Amerika Serikat telah melakukan survei pada 182 pasangan tentang bagaimana penampilan mereka setelah memiliki anak.

Dari 182 pasangan tersebut, terdapat 48 pasangan yang telah memiliki anak hingga berusia dua tahun. “Wanita yang tidak memiliki anak merasa lebih menarik dari waktu ke waktu, tapi wanita akan merasa kurang menarik setelah melahirkan,” tulis sebuah laporan dari Journal of Gender Studies dalam Daily Mail, Kamis, 30 Mei 2013.

Sebaliknya, menjadi seorang ayah telah membuat seorang pria merasa lebih menarik. Mengenai hal ini, seorang peneliti dari Universitas California berpendapat bahwa seorang ibu harus berjuang mengatasi perubahan fisik mereka pasca-melahirkan. Namun, hal ini tidak terjadi pada seorang ayah.

"Seorang wanita yang baru melahirkan akan merasa terkejut begitu mengetahui perubahan tubuh mereka dan akan dibutuhkan waktu yang lama untuk mengembalikan bentuk tubuh mereka secara proporsional,” kata Dr.Cast, seorang psikolog sosial.

Sementara itu, dengan kelahiran anak, seorang ayah merasa telah membuktikan maskulinitas mereka. "Ada hubungan yang kuat antara kesuburan dan kejantanan pada pria. Pria yang tak subur akan merasa maskulinitasnya terancam,” ujar para peneliti. Dengan meningkatkannya perasaan maskulinitas, pria merasa lebih percaya diri dan merasa menarik.

Meski begitu, perasaan “menarik” mereka ini akan memudar saat mereka mulai dituntut untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya. Dan bagi mereka, peran sebagai tulang punggung keluarga membuat mereka tak menarik lagi. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index