Sosialita

Enaknya Nyicip Kuliner Daerah di Festival Sagu Nasional

Jakarta-Perusahaan hulu minyak dan gas bumi PT Energi Mega Persada (EMP) Malacca Strait berpartisipasi dalam Festival Sagu Nasional 2014. Hal itu diungkapkan oleh COO and GM EMP Bagus Kartika, saat ditemui di acara Pesbukers di gedung ANTV, Epicentrum, Kuningan.
 
Festival yang diselenggarakan pada 3 sampai 4 Mei di Plaza Selatan Senayan, Jakarta itu akan diisi oleh sejumlah stan yang menjual berbagai produk olahan sagu, seperti kue-kue kering, cendol hingga brownies. Ada pula sosialisasi dan demo masak dalam rangka memperkenalkan sagu sebagai alternatif pangan yang lebih sehat pada masyarakat luas.
 
"Kalau dijadikan tepung biasa harga jual sagu terbilang rendah. Padahal saat diolah menjadi berbagai produk makanan nilai jualnya meningkat," ujar Bagus di sela-sela syuting acara Pesbukers.
 
Menurut Bagus, EMP melalui salah satu anak usahanya yakni EMP Malacca Strait SA (EMP MSSA) selama ini telah mendukung dan menginisiasi program pangan olahan sagu di sekitar wilayah operasi, di Kabupaten Kepulauan Meranti.
 
"Kami juga telah mendidik dan membina masyarakat di sana untuk dapat membuka kelompok usaha kecil. Mereka menamakan produk olahan sagu dengan nama Samerase atau Sagu Merbau Rasa Nusantara," ujar Bagus.
 
Ia mengatakan, sayangnya masyarakat Indonesia belum banyak mengonsumsi sagu. Hal ini karena sagu adalah bahan pangan tradisional sehingga sering dianggap sebagai makanan kelas dua.
 
Bagus menuturkan harapannya agar sagu nantinya bisa menjadi alternatif pangan masa depan Indonesia.
 
"Selain tinggi karbohidrat, sagu juga tidak mengandung gula jadi mengenyangkan dan tidak membuat Anda kolesterol," ucapnya.
 
Dalam acara Pesbukers kemarin, selain para pemain tetap Pesbukers seperti Raffi Ahmad, Luna Maya, acara juga ikut dimeriahkan oleh Duta Sagu Nasional yakni istri Bupati Kepulauan Meranti, Nirwanasari SE serta Puteri Sagu Nasional, Melly Manuhutu.
 
Ada juga sejumlah ibu pejabat Pemkab Kepulauan Meranti serta sejumlah pimpinan dan seratus orang karyawan EMP yang turut meramaikan acara sebagai penonton. (rep05)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]