Jiplak Sinetron Alien Korea, RCTI Stop Tayangan

Jiplak Sinetron Alien Korea, RCTI Stop Tayangan
Sinetron Kau Yang Berasal Dari Bintang (atas) dan Man from the Stars. Soompi.com
Riaudaily.com, Jakarta - Manajemen RCTI menghentikan tayangan sinetron Kau yang Berasal dari Bintang setelah dituding banyak kemiripan dengan drama Korea Selatan, Man from the Stars.
 
Head of Corporate Secretary RCTI Adjie S Soeratmadjie mengatakan pihaknya langsung menghentikan tayangan sinetron Kau yang Berasal dari Bintang yang dibilang menjiplak dari drama Korea berjudul Man from the Stars. Sinetron yang dimainkan oleh Nikita Willy dan Morgan (bekas personel Smash) telah dua kali tayang pada 28 April lalu dan 29 April.
 
"Kami malah mengetahui jika sinetron itu banyak kemiripan dengan drama Korea dari pemirsa," kata Adjie, Kamis, 1 Mei 2014.
 
Menurut Adjie, begitu mengetahui bahwa sinetron tersebut mempunyai banyak kemiripan dengan drama Korea, RCTI langsung memanggil rumah produksi yang membuat sinetron ini, yaitu SinemArt. “Kami sepakat untuk mengubah judul dan ceritanya," ujarnya.
 
Berdasarkan klarifikasi dari SinemArt selaku pembuat, sebenarnya jalan cerita kedua sinetron berbeda. “Kata mereka, sekilas mungkin ada kemiripan, tapi sebenarnya berbeda," kata dia.
 
Sebelumnya, stasiun televisi Korea Selatan, SBS, berencana mengajukan gugatan hukum terhadap RCTI dengan tuduhan plagiarisme. Penyebabnya, tayangan sinetron Kau yang Berasal dari Bintang dianggap menjiplak 100 persen drama Korea populer Man from the Stars yang ditayangkan SBS. (rep01/tpc)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index