Nasional

SBS: Sinetron Itu Bukan Remake, tapi Plagiat

Riaudaily.com, Jakarta - Sinetron Kau yang Berasal dari Bintang yang ditayangkan oleh RCTI belakangan ini heboh dikabarkan meniru cerita drama Korea Man from the Star. Selain judul yang hampir mirip, menurut sejumlah media di Korea Selatan dan Cina, jalan ceritanya juga mirip. 
 
"Versi Indonesia Man from The Star yang ditayangkan oleh RCTI bukanlah remake (dibuat ulang), tapi benar-benar plagiarisme," kata perwakilan konten untuk jaringan televisi Korea, Seoul Broadcasting System (SBS), seperti dilaporkan oleh KpopStarz, Jumat, 2 Mei 2104. 
 
Sinetron yang dibintangi oleh mantan personel boyband SMASH, Morgan Oey, dan artis cantik Nikita Willy ini tayang perdana pada 28 April 2014. Bahkan, menurut laporan, sinetron yang tayang di jam prime time ini mendapat rating yang besar. 
 
Menurut perwakilan SBS, televisi Korea itu memang tengah mengadakan negosiasi untuk Man from the Star dengan jaringan televisi Indonesia yang berbeda. Namun, kata SBS, ternyata RCTI "merebutnya" dan berharap saingan mereka tidak akan mendapatkannya. 
 
"Kami sedang dalam proses negosiasi hak penuh dengan perusahaan lain di Indonesia saat sinetron Kau yang Berasal dari Bintang ditayangkan. Kami akan menyikapi hal ini dengan serius," kata pihak SBS.
 
Head of Corporate Secretary RCTI Adjie S. Soeratmadjie mengatakan pihaknya langsung menghentikan tayangan sinetron itu. Pihak RCTI tidak tahu bahwa kedua sinetron itu sangat mirip. "Kami malah mengetahui jika sinetron itu banyak kemiripan dengan drama Korea dari pemirsa," kata Adjie, Kamis, 1 Mei 2014.(rep01/tpc)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]