Ribuan Buruh Demo, Jakarta Nyaris Lumpuh

 Ribuan Buruh Demo, Jakarta Nyaris Lumpuh
Jakarta-Ribuan buruh dari berbagai wilayah Jabodetabek berkumpul di Bundaran HI sejak Kamis (1/5) sekitar pukul 08.00 WIB. Massa buruh yang menyemut di lokasi itu membuat Jalan Sudirman nyaris macet total. Tak hanya itu saja, ratusan ribu buruh juga berkumpul di semua sudut Jalan menuju Bundaran HI.
 
Pantauan merdeka.com sejak Kamis pagi, semua jalan menuju Bundaran HI dialihkan ke ruas jalan yang ada di kiri dan kanan sekitar Jalan Sudirman. Di sisi lain, tampak puluhan bus yang membawa rombongan buruh dari Bekasi, Bogor dan wilayah lainnya.
 
Massa buruh juga menutup jalan menuju Istana Negara. Para buruh yang ada di lokasi itu, juga membawa puluhan poster bergambar tokoh pro buruh, seperti Marsinah hingga Hugo Chavez.
 
Dalam orasinya, para buruh menuntut 10 hal kepada pemerintah pusat. Mereka meminta dihapuskannya sistem kerja kontrak, menolak politik upah murah, menolak di PHK, melindungi buruh-buruh perempuan, memberikan jaminan sosial bukan asuransi sosial, menyejahterakan rakyat, tangkap dan adili pengusaha nakal hingga menurunkan harga kebutuhan pokok.
 
"Kami menuntut hapuskan outsourcing, program pensiun 2015. Selama ini masih banyak buruh buruh outsourcing dan sangat tidak memihak buruh," kata Abdul Hamid perwakilan Federasi Farmasi dan Kesehatan Reformasi (Farkes). (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index