Rupanya 12 Negara Ini Takjub dengan Mi Goreng Rasa Jawa

 Rupanya 12 Negara Ini Takjub dengan Mi Goreng Rasa Jawa
Jakarta-Kaya akan bahan rempah menjadikan kuliner Indonesia memiliki nilai tersendiri. Salah satunya masakan mi goreng Jawa. Bahkan, beberapa negara pun takjub akan kelezatan makanan tersebut.
 
Perkenalan mi goreng Jawa kepada dunia luar, berawal dari ajang perkenalan kuliner Indonesia kepada dunia internasional. Perkenalan ini dilakukan oleh mereka yang menerima Beasiswa Seni Budaya Indonesia (BSBI) di Kementerian Luar Negeri RI. Program BSBI ini telah dijalani sejak lima tahun silam.
 
Para peserta belajar tentang budaya dan kesenian tradisional Indonesia selama tiga bulan di Makassar. Semuanya berasal dari 12 negara seperti Polandia, Indonesia, Vietnam, Australia, Myanmar, Fiji, Kroasia, Vanuatu, Kiribati, Papua Nugini, Filipina, dan Jepang.
 
Pengenalan mi goreng Jawa terhadap negara luar ini diadakan oleh Hotel Best Western Plus Makassar Beach, melalui tangan Chef Sugito.
 
Salah satu peserta dari Republik Kiribati mengaku sangat takjub akan mi goreng Jawa. Meskipun, dilihat hanya sederhana ternyata memiliki proses memasak yang cukup sulit.
 
"Kami mendapat banyak pengalaman dari pelajaran memasak mi dengan mempergunakan bumbu yang banyak sehingga menghasilkan rasa yang luar biasa," jelasnya kepada Okezone di Makassar, baru-baru ini.
 
Dirinya pun nggak pernah membayangkan bila mi yang dianggapnya hanya dimasak dengan waktu sebentar bisa menghasilkan aroma dan rasa yang lezat untuk dimakan.
 
Hal serupa diutarakan oleh Bryan, peserta asal Filipina. Dirinya mengaku bila kuliner Indonesia dengan kuliner di negaranya tentu terdapat perbedaan. Tapi, soal rasa dan aroma masakan Indonesia jauh lebih enak.
 
"Saya cukup tersanjung bisa merasakan kelezatan kuliner Indonesia, terlebih bisa tahu cara pembuatannya dan itu jarang bisa didapatkan," tutupnya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index