Gaji Anda Pas-pasan? Ini Cara Mengelolanya

 Gaji Anda Pas-pasan? Ini Cara Mengelolanya
Jakarta-Tidak ada salahnya memulai investasi sedari masih muda. Meski masih belum memiliki penerimaan atau gaji yang relatif belum besar, atau hanya sebatas UMR. Tidak perlu khawatir bagi anda yang memiliki penghasilan hanya sebatas UMP.
 
CEO PT QM Financial Ligwina Hananto mengatakan, dirinya mempunyai cara bagi seluruh masyarakat yang hanya memiliki penghasilan sebatas UMP. Yakni dengan tidak memiliki tunggakan atau utang cicilan tidak boleh lebih dari 30 persen dari penghasilan.
 
"Karena kalau bicara cash flow itu sama semua, harus mengaplikasikan utang cicilan jangan sampai lebih dari 30 persen pendapatan kita," kata Ligwina saat acara acara Better Plan, Better Future Talkshow Partner Perencanaan Keuangan yang Profesional, di Jakarta.
 
Mengenai investasi, Ligwina mengungkapkan kebanyakan yang memiliki penghasilan relatif rendah dari UMP atau sebatas UMP ini memiliki ciri khas yang sangat berbeda dengan yang memiliki penghasilan jauh di atas UMP.
 
Salah satunya, kata Ligwina adalah sulitnya rasa ingin tahu masyarakat yang ingin mengetahui jenis investasi seperti reksadana. Padahal, sambung Ligwina, investasi reksadana masih bisa dilakukan oleh individu atau masyarakat yang sekalipun tinggal jauh dari kota.
 
"Orang itu harus mengerti apa itu reksadana dimulai dari Rp100-200 ribu tidak perlu langsung Rp5 juta, perbanyak pengetahuan mengenai reksadana," tambahnya.
 
Mengenai alur investasi, Ligwina menyebutkan bagi para masyarakat yang berpenghasilan hanya sebatas UMP, harus dapat menginvestasikan atau menabung sebesar 10-30 persen dari penghasilan yang didapatnya.
 
Oleh karena itu, meski hanya berpenghasilan sebatas UMP, dan sekalipun bertempat tinggal di pelosok daerah. Tidak ada salahnya jika masyarakat dapat mengenal lebih jauh tentang investasi reksadana.
 
"Saya pernah mendapat surat dari salah satu ibu rumah tangga di Sukabumi, dan dia merupakan salah satu orang yang investasi reksa dana dari dua orang di salah satu cabang bank nasional yang berada di Sukabumi," tutupnya.(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index