Auditorium Diberi Nama HM Rusli Zainal

Gubri Resmikan Gedung Kantor Dinas PU Senilai Rp210 Miliar

Gubri Resmikan Gedung Kantor Dinas PU Senilai Rp210 Miliar


PEKANBARU - Gubernur Riau HM Rusli Zainal, Kamis (6/6/2013) resmikan kantor Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau, di Jalan SM Amin, Kecamatan Tampan, Pekanbaru.

Gedung dengan konsep filosofi trilogi PU ini dibangun sejak dua tahun lalu, dengan anggaran multiyears yang totalnya mencapai Rp210 Miliar.

Anggaran tersebut tidak hanya untuk bangunan gedung, namun juga untuk biaya pengadaan mobiler gedung dan soundsistem auditorium serta manajemen konstruksi (MK).

Bangunan megah Delapan lantai ini juga
dapat menampung 1.000 karyawan dan pegawai. Tidak hanya itu, Kantor megah Dinas PU ini juga memiliki auditorium yang diberinama HM Rusli Zainal juga dapat menampung 600 tamu yang datang.

Dalam sambutannya Gubri memberikan apresiasi kepada Dinas PU yang akhirnya mempunyai gedung kantor megah, setelah berpuluh tahun berkantor di gedung tua di Jalan Ahmad Yani.

"Dulu saya merasa sedih melihat bagaimana Dinas PU membangun kantor Pemerintahan dengan megah, sementara kantor Dinas PU sendiri memprihatinkan kondisinya. Karena itu saya meminta Dinas PU ketika itu untuk merancang konsep gedung baru, dan hari ini sudah terealisasi," ucapnya.

Selain itu Gubri juga menyatakan, keberadaan kantor baru Dinas PU ini mencerminkan keseriusan Pemerintah meningkatkan pelayanan. Ia berharap kantor megah ini tidak jadi casing saja, tetapi harus diiringi kinerja yang baik.

"Saya tidak ingin kantor ini hanya jadi casing, kantor ini harus jadi representasi menuju Riau baru yang implementasinya untuk kesejahteraan masyarakat," tukasnya.

"Alhamdulillah, saya masih mendapat kesempatan diakhir masa jabatan dan masa pengorbanan ini bisa meresmikan gedung megah Dinas PU ini," tukasnya.  

Disebutkannya, gedung kantor Dinas PU ini merupakan Mega Proyek ke 30 yang diresmikannya tahun ini. " Gedung kantor Dinas PU ini menambah pancang representasi menuju Riau baru, dan ini sebagai cerminan kita sebagai daerah yang kaya," tukasnya.

Keberadaan kantor ini sendiri katanya, dapat memacu pertumbuhan ekonomi Riau kedepannya, " Saya yakin, apa yang menjadi mimpi besar kita yakni menjadikan Riau sebagai kutup pertumbuhan ekonomi wilayah barat akan terwujud," cetusnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) SF Hariyanto kepada halloriau.com mengatakan, meskipun sudah diresmikan gedung SKPD termegah baru ini akan ditempati akhir Juni ini, pasalnya pengerjaan gedung tersebut belum selesai sempurna.

"Gedung ini mengusung konsep Trilogi PU, yakni selalu bekerja keras, bergerak cepat, bergerak tepat. Dan InsyaAllah akhir Juni ini baru kita tempati, karena masih ada beberapa bagian yang harus disempurnakan pengerjaannya. Selain itu mobilernya belum semua tersedia. Artinya bulan ini gedung megah kita ini sudah dioperasionalkan," tandas SF dilansir halloriau.com.

Dipaparkannya, gedung yang dibangun tahun 2011 dengan sistem IT tercanggih ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja Dinas PU sebagai Satker yang bertanggung jawab meningkatkan infrastuktur di Provinsi Riau.
 
Dijelaskan SF lagi, awalnya konsultan pembangunan gedung tersebut memprediksi anggaran yang bakal dihabiskan sekitar Rp250 miliar, namun hasil audit dari Kementerian PU mendapati angka Rp210 miliar.

"Jadi yang kita bayar tentu angka yang sudah diaudit Kementerian PU itu, karena ada selisih antara konsultan dan Kementerian sekitar 40 miliar," tegasnya

Ia berharap, keberadaan kantor dengan luas keseluruhan 21.000 meter ini dapat memacu kinerja para pegawai PU. " Kami berharap keberadaan gedung kantor PU yang baru ini dapat memacu motivasi kinerja Dinas PU," tukasnya.

Turut hadir dalam peresmian itu Walikota Pekanbaru, Kepala SKPD dan Asosiasi Kontraktor Indonesia, serta pegawai dan karyawan Dinas PU Riau.(rep2)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index