Penumpang Ngamuk, Tiket Kereta H-3 Lebaran Sudah Ludes

 Penumpang Ngamuk, Tiket Kereta H-3 Lebaran Sudah Ludes
Jakarta-Kecewa lantaran tiket kereta api untuk Lebaran nanti telah ludes terjual, ratusan calon penumpang kereta pada Sabtu siang, 26 April 2014 menggelar aksi protes di depan ruang kerja Kepala Stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat.
 
Aksi unjuk rasa spontanitas ini dilakukan para pemburu tiket kereta api sebagai bentuk protes dan kekecewaan mereka atas habisnya tiket mudik kereta api yang dijual PT Kereta Api Indonesia (Persero), baik pembelian langsung di loket maupun secara online.
 
Sejumlah pemburu tiket mengaku telah mengantri di loket pembelian tiket sejak Sabtu dini hari. Namun, setelah berjam-jam mengantri, tetapi ternyata tiket H-3 Lebaran telah ludes terjual.
 
Parahnya, banyak juga warga yang membawa bukti struk pembelian tiket via online, tetapi tetap tidak bisa ditukarkan lantaran tak satupun tiket kereta tersisa.
 
Mereka menduga adanya permainan antara oknum petugas kereta api dengan para calo, sehingga tiket kereta ke sejumlah kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur, yang seharusnya bisa dibeli langsung di loket, ternyata sudah ludes.
 
Ironisnya, setelah bersusah payah menggelar aksi protes, pihak kereta api hanya menyarankan penumpang menggunakan moda transportasi lain tanpa memberikan solusi. Akibatnya, ratusan calon penumpang masih tetap bertahan di stasiun. 
 
Humas PT KAI Daop I Jakarta, Agus Komarudin, membenarkan terjadinya demo tersebut. Menurutnya, tiket H-3 Lebaran sudah terjual habis baik kelas eksekutif, bisnis, ekonomi komersial, dan non ekonomi komersial.
 
Terkait warga yang telah membeli tiket via online, tetapi tidak bisa ditukarkan, Agus menjelaskan, hal tersebut tidak benar.
 
"Seperti itu tidak ada. Kalau ada yang membeli online, mereka mendapatkan kode booking. Bisa langsung dicetak mandiri di stasiun," ujarnya saat dihubungi VIVAnews.
 
Dia mengungkapkan, mulai 27 April besok, loket stasiun kereta api tidak melayani pemesanan tiket kereta jarak jauh dan menengah.
 
"Pemesanan tiket dilayani mulai H-90 dari tanggal keberangkatan kereta dipesan di channel eksternal -- situs penjualan tiket, Alfamart, Indomart, Kantor Pos, aplikasi di BB dan Android, agen, dan mitra penjualan lain," katanya. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index