Ketua BPK Baru Milik Rizal Djalil

 Ketua BPK Baru Milik Rizal Djalil
Jakarta - Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rizal Djalil terpilih sebagai Ketua menggantikan Hadi Poernomo yang memasuki masa pensiun dalam Sidang Badan, Selasa, 22 April 2014. Pemilihan Ketua dilakukan melalui musyawarah mufakat. "Hasil pemilihan, Ketua Rizal Djalil dan Wakil Ketua Hasan Bisri," kata Sekretaris Jenderal BPK, Hendar Ristriawan. 
 
Rizal, kata Hendar, akan menjadi ketua terhitung 22 April 2014 hingga 19 Oktober 2014. Sidang Badan yang diselenggarakan di lantai 19 Gedung BPK, Jakarta ini dihadiri 7 orang anggota BPK. Anggota IV BPK Ali Masykur Musa diketahui tidak ikut dalam proses pemilihan dengan alasan sedang menjalankan ibadah umrah. 
 
Pemilihan Ketua BPK ini dilakukan sesuai mekanisme, dimana kewenangan pemilihan Ketua BPK dipegang oleh BPK sendiri dan dilaksanakan melalui sidang anggota BPK.
 
Adapun Rizal Djalil dipilih sebagai Ketua BPK baru dalam kaitan penggantian Hadi Purnomo yang tepat memasuki masa usia pensiun Senin, 21 April 2014 kemarin. Dia akan mengisi kursi pimpinan selama enam bulan mendatang.
 
Sementara sebagai anggota IV BPK, Rizal Djalil akan habis masa tugasnya sebagai anggota pada 14 Oktober 2014 mendatang. Sesuai mekanisme, dimana Ketua juga berlaku sebagai anggota BPK, maka kepemimpinan Rizal selesai ketika masa keanggotannya habis. 
 
Hendar mengatakan usai proses pemilihan ini, BPK akan mengajukan kepada Presiden nama Rizal Djalil sebagai Ketua BPK baru, untuk kemudian disahkan sebagai Ketua BPK melalui Keputusan Presiden. Adapun pengambilan sumpah jabatan akan dilakukan seusai Presiden menandatangani surat keputusan untuk selanjutnya dilakukan pengangkatan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Mahkamah Agung. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index