Mendikbud Berang, Ada Jokowi dalam Soal UN

 Mendikbud Berang, Ada Jokowi dalam Soal UN

JAKARTA-Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Mohammad Nuh, mengatakan akan mencatat orang yang membuat dan meloloskan soal Ujian Nasional (UN) yang bernuansa politik dengan mencantumkan nama Joko Widodo dalam soal mata pelajaran Bahasa Indonesia.
 
M Nuh meminta waktu terlebih dahulu untuk mengecek kebenaran permasalahan ini. "Kalau betul seperti itu, ya menjadi catatan buat si pembuat soal. Oleh karena itu, berikan waktu kita akan ngecek terlebih dahulu. Ada standarnya, beri waktu dulu," kata M. Nuh, Senin (14/8/2014).
 
Hal senada dikatakn Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Furqon yang mengungkapkan, pihaknya akan melihat dan mempelajari hal ini lebih lanjut. Dia menjelaskan seharusnya UN ini bersifat netral. "Itu prinsipnya harusnya netral, tapi nanti coba saya lihat dulu," ungkapnya.
 
Sekedar diketahui Soal Ujian Nasional Sekolah Menengah Atas yang dikerjakan sejumlah siswa di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, terselip pertanyaan yang berisi biografi calon presiden dari PDI Perjuangan, yaitu Joko Widodo atau Jokowi. Hal ini menimbulkan dugaan adanya kampanye terselubung.
 
Materi soal tersebut masuk dalam ujian untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia yang diujikan pada pagi tadi. Salah satu poin dalam soal tersebut menceritakan tentang biografi singkat Joko Widodo yang kini menjadi salah satu calon presiden. Keberadaan soal tersebut bisa ditafsirkan sebagai iklan kampanye di dunia pendidikan yang seharusnya steril dari kepentingan politik. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index