Ini Dia 6 Bagian Tubuh yang Bisa Ungkap Usia Anda

 Ini Dia 6 Bagian Tubuh yang Bisa Ungkap Usia Anda
Seiring bertambahnya usia, kulit semakin tipis dan kurang elastis. Hasilnya, kerutan, bintik hitam, dan berbagai penanda penuaan muncul tanpa bisa dihindari. Meski Anda memiliki kebiasaan baik dalam merawat kulit, enam bagian tubuh ini tak bisa bohong soal usia Anda. Tanda-tanda penuaan akan muncul secara alami.
 
The Huffington Post melakukan survei kecil-kecilan kepada pembacanya di Facebook. Kebanyakan orang menjawab leher, tangan, dan wajah adalah bagian tubuh yang paling "jujur" soal usia seseorang. 
 
Untuk mengetahui seberapa muda atau tua seseorang, perhatikan saja enam bagian tubuh ini:
 
1. Tangan
Bagian tubuh yang satu ini paling sering terpapar sinar matahari. Karenanya, mengoleskan tabir surya pada bagian belakang tangan, juga krim tangan yang diaplikasikan sedikitnya sekali sehari, perlu menjadi ritual wajib.
 
Menurut pakar, penting untuk menjaga kelembaban kulit tangan, termasuk pada malam hari. Meski biasanya tangan mulai terlihat tua pada usia 20-an, kebanyakan orang tidak memerhatikannya hingga tanda penuaan datang di usia 30 atau 40. Hal ini memengaruhi cara seseorang merawat kulitnya. Jika perawatan kulit hanya dilakukan lebih ekstra jelang penuaan, tentunya tak banyak yang bisa diharapkan.
 
2. Wajah
Bintik hitam pada wajah yang muncul pada periode penuaan tak bisa dihindari. Berita baiknya, banyak cara untuk mengatasi masalah kulit yang muncul secara alami ini.
 
Menurut sejumlah pakar, cara termudah mengatasi bintik hitam pada wajah adalah menambahkan serum pada ritual perawatan kulit harian. Sebagai tambahan, lakukan diet untuk kulit sehat. Sementara kerutan pada wajah, ini merupakan tanda alami penuaan yang akan terjadi pada siapa pun dan sulit dihindari.
 
3. Kelopak mata
Semakin tua usia, kelopak mata akan meregang dan otot pendukungnya melemah. Kondisi ini akan menambah lemak di bagian atas dan bawah kelopak mata, menyebabkan timbulnya kantong mata.
 
Operasi memang bisa mengatasi masalah ini. Namun, rajin minum air, cukup tidur, dan kurangi konsumsi garam bisa menjadi langkah alami mengatasinya. Selain Anda juga bisa menggunakan krim untuk mengencangkan kulit di area ini.
 
4. Leher
Leher akan menua lebih cepat karena kulitnya lebih tipis dari wajah. Menggunakan krim yang sama pada wajah untuk merawat kulit leher menjadi cara pencegahan paling mudah. Kalau tanda penuaan semakin terlihat, cara makeup artist, Bobbi Brown, bisa menjadi pilihan lainnya. Caranya, gunakan syal atau beri riasan wajah yang tepat seperti blush on. Kedua cara tersebut bisa mengalihkan pandangan orang dari kerutan di leher.
 
5. Siku
Tak ada yang bisa Anda lakukan dengan semakin keringnya kulit siku seiring bertambahnya usia. Namun Anda bisa berupaya menjaga kelembaban kulit siku dengan menggunakan krim, atau pakai baju lengan panjang. Semakin tua usia, kebanyakan orang mengalami kulit kering bagian siku. Penyebabnya antara lain paparan sinar matahari, stres, merokok, kurang cairan, selain berkurangnya kelenjar keringat dan minyak.
 
6. Rambut
Rambut beruban dan menipis jelas menunjukkan usia tua, namun kondisi rambut yang lainnya bisa menjelaskan umur Anda. Rambut yang kering dan rapuh juga menunjukkan semakin tua usia. 
 
Para pakar menyarankan gunakan pelembab rambut dengan minyak khusus. Selain itu, perawatan rambut kaya protein bisa membantu mengatasi masalah rambut ini. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index