Anas: Demokrat Jeblok Biang Keroknya SBY

Anas: Demokrat Jeblok Biang Keroknya SBY
Jakarta-Perolehan suara Partai Demokrat dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2014 merosot tajam. Buruknya kinerja pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dianggap sebagai salah satu penyebab anjloknya suara partai pemerintah ini.
 
"Paling utama kinerja pemerintah yang dianggap tidak memuaskan publik. Dari hasil survei menunjukkan bahwa tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintah itu turun drastis beberapa waktu terakhir," ungkap mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum, di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Jumat (11/4/2014).
 
Menurut Anas, bila partai utama pendukung pemerintah bisa memuaskan publik dengan kinerja baik di mata masyarakat, secara otomatis intensif elektoralnya akan dinikmati partai pemerintah. Sebaliknya, bila publik dibuat kecewa dengan pemerintah, partai pendukung juga akan terkena getahnya.
 
"Terutama, partai yang menjadi pilar utama pemerintahan. Itu rumus umum demokrasi di mana pun. Bukan hal aneh," tegasnya.
 
Kendati demikian, Anas mengatakan perolehan suara Partai Demokrat sebanyak 9 sampai 10 persen berdasarkan hitung cepat pileg Rabu lalu terbilang pencapaian luar biasa. Anas juga yakin prestasi itu bukan semata-mata kerja keras Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
 
"Sebab yang bekerja bukan hanya Pak SBY sebagai ketum dan kepala pemerintahan dan kader partai. Tapi, juga sudah dibantu oleh kesebelasan konvensi. Kalau tidak ada mereka, enggak akan tembus 9-10 persen," jelasnya.(rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index