Zona Pencarian MH370 Dipersempit

Zona Pencarian MH370 Dipersempit
Setelah berhasil mendeteksi sinyal yang diduga dipancarkan kotak hitam pesawat Malaysia Airlines MH370 yang hilang sejak sebulan lalu, tim pencari kini mulai mempersempit area pencarian. 
 
Menurut laporan The Star, Kamis, 10 April 2014, lebih dari 10 pesawat militer, 4 pesawat sipil, dan 13 kapal kini berkutat di area seluas 57.932 kilometer persegi.  Luas wilayah pencarian yang berada di Samudra Hindia sekitar 2.280 kilometer barat daya Perth ini menyempit dibandingkan Rabu kemarin yang 20 ribu kilometer persegi lebih luas.
 
Zona pencarian yang semakin fokus membuat kepala pencarian Badan Pusat Koordinasi Bersama (JACC) Angus Houston semakin optimistis. Ia yakin, sekalipun kotak hitam kehabisan baterai, puing-puing kapal akan segera ditemukan.
 
JACC telah menemukan sejumlah benda-benda yang terlihat di permukaan tapi benda tersebut tidak berhubungan dengan pesawat yang membawa 239 penumpang tersebut. “Tak ada satu pun benda yang diyakini terkait MH370,” kata  Houston.
 
Namun, Houston yakin, timnya sudah berada di zona pencarian yang tepat. “Saya percaya kita mencari di daerah yang tepat. Namun kita perlu mengidentifikasi pesawat secara visual sebelum memastikan bahwa ini adalah tempat peristirahatan terakhir MH370,” ujarnya. (Rep01)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index