Bongkar Kasus SBY, Anas Tunggu Waktu Tepat

 Bongkar Kasus SBY, Anas Tunggu Waktu Tepat
Jakarta-Pengacara Anas, Handika Honggowongso mengatakan, Anas akan segera melaporkan data audit akuntan independen mengenai dana kampanye Pemilihan Presiden (Pilpres) 2009 pasangan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono. 
 
"Soal itu kami siapkan  saat yang tepat, maka 'semua akan bergerak' termasuk itu data audit," kata Handika melalui pesannya, Selasa (8/4).
 
Handika justru mempertanyakan komitmen KPK untuk menindaklanjuti data audit akuntan independen tersebut. Menurut dia, data tersebut terindikasi ada kaitannya dengan salah satu kasus yang tengah ditangani KPK. "Sesungguhnya dalam data audit itu ada 'kunci' untuk membuka topeng penguasa dalam kasus yang tengah disidik dan disidang di Pengadilan Tipikor oleh KPK," kata dia.
 
Saat memenuhi panggilan KPK, Senin (7/4), Anas kembali mengatakan, adanya dugaan penyumbang fiktif dalam dana kampanye SBY. Menurut dia, menjadi tugas KPK untuk menelusuri lebih jauh mengenai data tersebut. Termasuk adanya kemungkinan data tersebut terkait dengan skandal kasus korupsi Bank Century. 
 
Menurut Handika, perlu keberanian KPK untuk menindaklanjuti informasi dari kliennya. "Sangat dibutuhkan nyali dan keahlian yang ekstra. Jadi intinya kami lagi menyimak situasi yang ada, untuk menentukan langkah selanjutnya," ujar dia.
 
Setelah mempelajari data audit tersebut, Anas meyakini, dana kampenye SBY-Boediono tidak clean dan clear. Menurut dia, ada penyumbang sesungguhnya yang justru tidak tercantum dalam laporan dana kampanye. Karena itu, ia juga meyakini, data tersebut dapat berkaitan dengan dugaan tindak pidana. "Setelah ditelaah (nanti oleh KPK), saya yakin itu bisa masuk pada tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang," kata Anas. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index