Wuihh, SBY akan Nikmati Pesawat Baru Minggu Depan

Wuihh, SBY akan Nikmati Pesawat Baru Minggu Depan
Jakarta-Pesawat Kepresidenan RI secara resmi akan diperkenalkan ke publk pada Kamis, 10 April 2014. Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi mengundang sejumlah media massa untuk menghadiri acara penyambutan kedatangan pesawat buatan Amerika Serikat itu.
 
Berdasarkan undangan yang diterima Tempo, acara penyambutan pesawat berjenis Boeing 737-800 Bussines Jet 2 Green tersebut dilangsungkan pukul 10.00 WIB, di Base Ops Lapangan Udara Halim Perdanakusuma, Jakarta. 
 
Sudi mengatakan, sebelum dioperasikan, pesawat itu akan menjalani sertifikasi di Kementerian Pertahanan. "Begitu nanti sertifikasinya keluar, sudah bisa dioperasionalkan," kata Sudi, di kantor Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 8 April 2014.
 
Menurut dia, operasional pesawat berharga sekitar US$ 91,2 juta setara Rp 820 miliar ini diserahkan ke TNI Angkatan Udara. Sudi mengatakan, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bisa segera menggunakan pesawat setelah sertifikasi keluar. "Mungkin paling lama satu minggu (sertifikasinya)."
 
Adapun pesawat ini mengalami keterlambatan dari jadwal kedatangan, yang semula diagendakan Maret lalu. Menurut Sudi, salah satu penyebab keterlambatan dari pabrik Boeing, di Seattle, Amerika Serikat, adalah masalah cuaca dan uji coba di sana. "Itu kami kenakan denda sebagai kewajiban mereka," kata Sudi. Berapa jumlah denda yang dibebankan kepada Boeing? Sudi enggan menjelaskan. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index