Hasil Survei LSI: Parpol Islam Akan Huni Papan Bawah

Hasil Survei LSI: Parpol Islam Akan Huni Papan Bawah
Jakarta-Lingkaran Survei Indonesia (LSI) memprediksi PDIP dan Partai Golkar berpeluang untuk mendapatkan elektabilitas di atas 16 persen, dan potensial di atas 20 persen. 
 
Pendiri LSI Denny JA, dalam siaran persnya, mengatakan PDIP dan Golkar memiliki peluang yang sama untuk menjadi pemenang. Partai yang memenangi Pemilu 2014, menurut dia, adalah partai yang paling mampu menarik simpati pemilih yang belum menentukan pilihan (undecided voter) yaitu sebesar 10.6 persen. Termasuk partai yang mampu meminimalisir tingkat golput dari pendukungnya.
 
Sementara dua partai politik yang diprediksinya tidak lolos parliamentary threshold karena elektabilitas partainya di bawah 3,5 persen adalah PBB dan PKPI.
 
Ditambahkannya, Pemilu 2014 akan menghasilkan enam partai politik papan bawah dengan elektabilitas antara 3,5 persen hingga - 8 persen. Keenam partai politik tersebut adalah antara lain; PKB, PKS, Hanura, Nasdem, PPP, dan PAN.
 
Sementara partai politik yang akan jadi penghuni papan tengah ada dua partai. Partai tersebut adalah Gerindra dan Partai Demokrat, dengan elektabilitas antara 8 persen hingga 16 persen.
 
Empat Prediksi hasil Pileg 2014 ini, survei ini berdasarkan data survei LSI 22-26 Maret 2014. Survei ini dilakukan di 33 provinsi dengan jumlah responden 1200. Margin of error survei +/- 2,9 persen. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index