Ribuan Polisi di Riau Siap Amankan Pemilu 2014

 Ribuan Polisi di Riau Siap Amankan Pemilu 2014
Pekanbaru-Kurang lebih 6.868 personil Polda Riau beserta jajaran siap mengamankan Pemilihan Legislatif 9 April 2014. Dari Polda Riau sendiri, sebanyak 480 personel disiapkan untuk pengawalan kotak suara.
 
menurut Kapolda Riau, Brigjen Pol Condro Kirono, perinciannya adalah 146 personel di Polres Inhil, 92 personel di Polres Pelalawan, 76 personel di Polres Kepulauan Meranti. Sedangkan di Polres Kampar sebanyak 61,  60 personel di Polres Rokan Hulu, 46 di Polres Indragiri Hulu dan 29 personel Polres Siak serta 31 personel di Polres Bengkalis. 
 
"Kita siap mengamankan kotak suara di 12.469 lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 1.773 desa/kelurahan dari 163 kecamatan di 12 kabupaten/kota. Jadi, secara keseluruhan ada sebanyak 6.868 personil Polda Riau beserta jajaran siap mengamankan Pemilihan Legislatif tahun ini," kata Brigjen Pol Condro Kirono pada apel pergeseran pasukan di Mapolda Riau, kemarin. 
 
Menurut Condro, ada tiga tingkat TPS yang diurutkan sesuai dengan situasinya. TPS di Daerah Aman dijaga oleh 2 polisi, 10 linmas yang mengamankan 5 TPS. Kemudian Daerah Rawan I polisi dua personl, 4 orang linmas yang melakukan pengamanan di 2 TPS. Dan di Daerah Rawan II, ada empat personil, 4 linmas 1 tps. Masing-masing TPS, juga ikut diawasi oleh unit patroli. 
 
"Tingkatkan kesiapsiagan serta wapadai setiap perkembangan situasi di lapangan. Lakukan pengawalan kotak maupun surat suara. Jaga kotak suara yang ada di TPS. Pastikan setiap pergerakan kotak suara dilakukan pengawalan, pengawasan dan penjagaan mulai dari TPS kemudian PPS, PPS, (KPU) kabupaten dan provinsi," katanya. 
 
Terakhir, ia berpesan kepada anggota agar bekerja profesional, menjaga netralitas. "Selalu jaga netralitas polri agar terhindar dari politik praktis," tutup Kapolda. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index