Nasional

Ini Dia Penyebab Matinya Jaringan Indosat

Jakarta-Layanan Indosat mengalami gangguan sejak Kamis (3/4/2014) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Terganggunya layanan ini merata dialami oleh seluruh pengguna Indosat di seluruh Indonesia. 
 
Sampai berita ini ditayangkan, belum ada informasi resmi dari Indosat terkait penyebab tumbangnya jaringan dan kapan layanannya kembali normal. Saat dihubungi KompasTekno, pihak Indosat meminta waktu untuk memberikan keterangan resmi. 
 
Sementara itu, tersiar kabar gangguan jaringan Indosat ini tak hanya dirasakan pengguna Indosat, tetapi juga ikut mengganggu jaringan perusahaan-perusahaan lain di AS.
 
Dilansir firma internet BGP Monitoring melalui akun Twitter-nya, Kamis (4/3/2014), sistem jaringan Indosat telah "membajak" 415.652 IP prefix. Prefix-prefix IP tersebut milik beberapa perusahaan besar AS, seperti Apple, Telia, NTT, Level3, Comcast, CableOne, dan Akamai. 
 
"Pembajakan" IP prefix yang dimaksud di sini adalah alamat-alamat prefix internet milik beberapa perusahaan tersebut telah diarahkan ke alamat IP yang salah oleh Indosat. Imbasnya, jika ada pengguna yang ingin mengakses jaringan/server Apple, maka akan "tersesat" alias bermasalah.
 
"Masalah ini biasanya terjadi bila ada kesalahan konfigurasi border gateway protocol (BGP) di router sebuah jaringan. BGP bisa digambarkan sebagai cara berkomunikasi antar-router, di seluruh dunia," kata praktisi telekomunikasi, Johar Alam, saat dihubungi KompasTekno.
 
Perangkat router di Indosat yang salah dikonfigurasi, misalnya, bisa mengakibatkan jaringan milik Indosat dan perusahaan-perusaahaan lain bermasalah karena prinsip kerja router-router yang ada di jaringan internet global adalah "saling percaya".
 
"Jadi, jika ada satu BGP bilang, 'Hei kalau mau ke Google lewat aku ya', maka ratusan ribu router itu akan percaya dan melempar traffic yang tujuannya Google ke (router) yang ngomong itu," tambah Johar.
 
Apakah benar terjadi kesalahan konfigurasi BGP di router Indosat dan menyebabkan jaringan Indosat terganggu? Kita tunggu saja pernyataan resmi dari pihak Indosat.
 
Update: Indosat akhirnya memberikan pernyataan resmi terkait gangguan layanannya hari ini. Indosat menyebutkan, gangguan terjadi akibat adanya anomali trafik di jaringannya. (rep05)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]