BMKG Cabut Status Indonesia Waspada Tsunami

 BMKG Cabut Status Indonesia Waspada Tsunami
 
Jakarta-Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencabut status Indonesia waspada tsunami. Masyarakat pun dipersilakan beraktivitas seperti biasa.
 
"Baru saja saya terima informasi dari BMKG, update tsunami dampak dari gempa bumi di Cile terhadap Indonesia semuanya sudah aman," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho kepada Okezone, Kamis (3/4/2014).
 
Dia mengimbau kepada warga untuk tetap tenang dan tidak perlu mengungsi. "Silakan tetap menjalankan aktivitas," terangnya.
 
Kemarin, Indonesia Tsunami Early Warning Center (InaTEWS) di BMKG telah mengeluarkan peringatan dini tsunami yang akan melanda beberapa wilayah di Indonesia. Peringatan dikeluarkan berdasarkan analisis penjalaran tsunami.
 
Peringatan itu menyusul terjadinya gempa bumi berkekuatan 8 Skala Richter di kedalaman 10 kilometer Pantai Utara Cile atau 240 barat laut Bombay, India, pada pukul 06.46 WIB, Rabu 2 April 2014, menimbulkan tsunami setinggi 1,92 meter di pesisir Cile, Peru, Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika, dan Nikaragua. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index