Tsunami Chile sampai Indonesia Hampir 1 Meter

Tsunami Chile sampai Indonesia Hampir 1 Meter
Gelombang tsunami yang terjadi akibat gempa di Chile diperkirakan sampai perairan Papua pada Kamis, 3 April 2014, pukul 06.30-07.30. "Diperkirakan ketinggiannya di bawah 1 meter," kata Koordinator Tsunami Research Group-Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi Widjo Kongko.
 
Pusat Seismologi Nasional Chile mengabarkan pusat gempa berada di 99 kilometer barat laut Kota Iquique. Lindu yang terjadi Selasa, 1 April, pukul 08.46 malam waktu setempat itu berkekuatan 8,2 skala Richter.
 
Segera setelah gempa, keluar peringatan tsunami. Kabarnya gelombang tsunami telah menghantam pesisir Chile dan sejumlah daratan Amerika Latin yang berada di tepi Samudra Pasifik.
 
Menurut Widjo Kongko, wilayah di mana terjadi gempa di Chile saat ini memang langganan lindu.Jarak antara pusat gempa dan Papua sekitar 16 ribu kilometer. Dengan demikian, ujar dia, diperkirakan 22 jam kemudian sampai ke Indonesia.
 
Widjo menyarankan kepada warga yang akan melihat dampak tsunami itu agar menunggu di daerah dekat tower TV di Kota Jayapura. Lokasinya di ketinggian sehingga dapat mengamati perairan di teluk dengan lebih leluasa. (Rep01)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index