Nyepi, 7 Penerbangan Yogya-Denpasar Ditutup Sementara

 Nyepi, 7 Penerbangan Yogya-Denpasar Ditutup Sementara
Jakarta-Menyambut perayaan Nyepi pada Senin 31 Maret 2014, seluruh jalur penerbangan Yogyakarta-Denpasar akan ditutup selama satu hari penuh.
 
“Ada tujuh penerbangan yang akan kami tutup dengan tujuan Yogyakarta-Denpasar bertepatan dengan perayaan Nyepi bagi umat Hindu di Bali,” kata Assisten Manajer Data dan Informasi PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Faizal Indra Kusuma, Minggu 30 Maret 2014.
 
Tujuh penerbangan tujuan Yogyakarta-Denpasar yang ditutup tersebut dilayani oleh maskapai Garuda Indonesia, Lion Air, dan AirAsia, dengan rata-rata jumlah penumpang mencapai lebih dari 1.000 orang per hari.
 
“Tak hanya pesawat dari Yogyakarta tujuan Denpasar. Namun, semua maskapai juga menutup sementara penerbangan tujuan Denpasar karena Bandara Ngurah Rai tutup sehari untuk menghormati umat Hindu yang merupakan mayoritas di Bali untuk melaksanakan hari Raya Nyepi,” terangnya.
 
Maskapai penerbangan Garuda Indonesia tujuan Yogyakarta-Denpasar melayani tiga kali penerbangan, Lion Air dua kali, dan Air Asia satu kali.
 
“Pada hari biasa maskapai Garuda Indonesia melayani penerbangan Yogyakarta-Denpasar pada pukul 07.55, pukul 16.15 dan pukul 20.30 WIB. Sedangkan pesawat Lion Air pada pukul 06.35 WIB dan 20.50 WIB. Sementara untuk AirAsia pukul 06.35 dan 08.35 WIB WIB,” paparnya.
 
Wisatawan beralih ke Yogyakarta
 
Sekretaris Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY, Deddy Pranowo mengatakan ditutupnya Bandara Ngurah Rai saat libur Nyepi besok banyak wisatawan yang mengalihkan kunjungannya ke Yogyakarta. Hal ini terlihat dari tingkat hunian hotel pada libur panjang akhir pekan yang mencapai di atas 90 persen.
 
"Ada berkah libur hari Raya Nyepi bagi pelaku usaha perhotelan di Yogyakarta," katanya. (rep05)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index