Ini Foto Saat Wings Air Tergelincir di Bandara Hasanuddin

 Ini Foto Saat Wings Air Tergelincir di Bandara Hasanuddin
Jakarta-Pesawat Wings Air tergelincir saat mendarat di Bandara Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan. Ini foto mengenai kondisi pesawat yang terdorong keluar dari landas pacu (runway).
 
Gambar ini didapatkan dari salah satu pembaca detikcom, Joko Prwito, Jumat (28/3/2014). Dari gambar, pesawat diketahui keluar dari runway ke arah rumput-rumput yang berada di sekitarnya. 
 
Tampak terlihat badan pesawat yang bernomor penerbangan IW-1205 itu miring ke kanan. Pesawat ini terdorong keluar dari landas pacu pada saat mendarat pada pukul 16.06 WITA.
 
Diduga penyebab tergelincirnya pesawat ATR 72/500 ini diakibatkan oleh buruknya kondisi cuaca di lokasi. Menurut Humas Lion Air, Edward Sirait, hujan gerimis dan jarak pandang yang kurang lebih 2.000 meter menjadi faktor insiden.
 
Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulawesi Barat, Kombes Endi Sutendi, menuturkan penyebab pesawat yang dipiloti Captain Arieft Hendro itu hilang keseimbangan saat mendarat di landasan pacu (runway) 03 Bandara Hasanuddin karena ada angin kencang.
 
"Kronologi kejadian pada saat pesawat landing dalam keadaan normal. Namun setelah itu terjadi kondisi angin kencang yang mengakibatkan badan pesawat terdorong. Sehingga, ban sebelah kanan masuk ke rumput," jelasnya dalam pesan singkat yang diterima detikcom.
 
Beruntung tak ada korban jiwa. Seluruh penumpang pesawat yang berjumlah 71 orang (menurut keterangan Humas Lion Air, Edward Sirait, ada 73 orang) dan empat awak pesawat berada dalam keadaan selamat dan telah dievakuasi ke terminal bandara. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index