Politik

Selain Foto Slank, PKS Bantah Kampanye dengan Foto Miyabi dan CR7

Partai Keadilan Sejahtera membantah menyebarkan foto-foto terkait kampanye dengan memanfaatkan gambar tokoh-tokoh eksternal partai. Selain membantah penggunaan foto drummer Slank, Bimbim, PKS juga tidak pernah berkampanye dengan foto bintang sepak bola Real Madrid, Cristiano Ronaldo atau CR7, maupun bintang film porno asal Jepang, Maria Ozawa atau Miyabi.
 
Foto-foto tokoh terkenal itu yang tersebar di media sosial itu dengan dilengkapi dengan tulisan ajakan mencoblos partai nomor urut 3 tersebut. Pada gambar Ronaldo, misalnya, terdapat tulisan "Cuma 3 kata untuk PKS: Dahsyat, Hebat, Mantap." Adapun pada gambar Bimbim Slank, terdapat tulisan "Pilih nomor 3 Jangan Golput", mirip dengan tulisan yang disertakan pada foto meme bergambar Miyabi.
 
Saat dikonfirmasi, juru bicara Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mardani Ali Sera, menegaskan bahwa gambar-gambar itu bukanlah atribut kampanye resmi dari partainya. Untuk kampanye di social media, PKS telah menentukan akun-akun resmi yang diperkenankan melakukan kampanye kreatif.
 
"Tapi kami selalu menjunjung tinggi etika. Kami tidak tahu itu dari mana, yang pasti bukan dari kami," ujar Mardani saat dihubungi, Rabu (26/3/2014).
 
Mardani menyatakan, PKS sangat menghargai hak masing-masing individu. Oleh karena itu, partai tersebut tidak pernah menyebarkan atribut kampanye, baik gambar maupun lagu tanpa meminta izin sebelumnya.
 
Mardani tidak mau berspekulasi tentang dugaan kampanye hitam yang dilakukan dengan menyebar gambar meme tersebut. PKS juga tidak akan mengusut pelaku penyebaran gambar ini. "Enggak ada waktunya. Itu juga bukan urusan resmi partai," kata Mardani.
 
Sebelumnya, grup band Slank juga membantah penggunaan foto personelnya, Bimbim, untuk kegiatan kampanye partai politik. Melalui akun Facebook, Slank memastikan bahwa foto itu merupakan hasil manipulasi dari potongan penampilan Bimbim dalam video yang dibikin berkait dengan sebuah portal berita di Indonesia.(Rep01)

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]