Jaringan Listrik Dibangun

Desa di Inhu akan Terang Benderang

Desa di Inhu akan Terang Benderang

RENGAT - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) terus berupaya memberikan penerangan seluruh desa di daerahnya.  Untuk mewujudkan itu, tahun ini pemerintah bakal membangun jaringan listrik di sejumlah pedesaan.

Anggaran pembangunan jaringan listrik itu telah dialokasikan oleh pemerintah daerah dalam APBD 2013. Pembangunan jaringan listrik ini dilaksanakan agar masyarakat yang tinggal di desa terpencil ini  dapat menikmati pelayanan listrik.

Untuk Batang Cenaku sudah dianggarkan sebesar Rp1,8 miliar untuk membangun jaringan listrik di Desa Batu Papan  dan Desa Puntianai. "Saat ini  pengadaan/pembangunan jaringan listrik Kecamatan Batang Cenaku tersebut  masih dalam proses lelang," ujar Kepala Dinas Pertambangan dan Energi  (Distamben) Kabupaten Inhu, Khairizal.

Selain Batang Cenaku, anggaran pembangunan jaringan listrik juga dialokasikan untuk Kecamatan Rengat dengan dana Rp1 miliar. Jaringan listrik akan dibangun di Desa Kampong Pulau.

"Jaringan listrik itu akan melintas di Desa Kuantan Babu Seberang dengan besar anggaran mencapai  Rp455 juta dan Desa Rawabangunan  senilai Rp1,4 miliar. Desa itu masih berada di Kecamatan Rengat," jelas Khairizal, kemarin.

Selain itu Pemkab Inhu juga telah mengalokasikan dana bagi  Desa Pulau Jumat Kecamatan Kuala Cenaku senilai Rp1,1 miliar. Dengan dana ini diharapkan jaringan listrik dapat dibangun dan desa tersebut dapat segera penerangan listrik.

“Kemudian  Desa Pauh Ranap Kecamatan Peranap juga mendapatkan bantuan yang sama  senilai Rp631 juta, Desa Redang Kecamatan Rengat Barat Rp396  juta, Desa pinggiran Kecamatan Sungai Lala senilai Rp5,1 miliar dan Desa Belimbing Kecamatan Batang Gansal senilai Rp1,1 Milyar,” tutup Khairizal. (cr01/mtr)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index