Wuih, 834 Orang Indonesia Punya Kekayaan 343 Miliar

Wuih, 834 Orang Indonesia Punya Kekayaan 343 Miliar

 Wuih, 834 Orang Indonesia Punya Kekayaan 343 Miliar
Jakarta-Jumlah orang super kaya  atau biasa disebut Ultra High Net Worth Individuals (UHNWIs) Indonesia pada 2013 mencapai 834 orang. Mereka memiliki aset investasi lebih dari 30 juta dollar AS. 
 
Menurut hasil riset The Wealth Report 2014 keluaran Knight Frank Indonesia, jumlah tersebut terbagi lagi dalam tiga kategori yakni orang super kaya dengan aset investasi lebih dari 30 juta dollar AS atau setara Rp 343,2 miliar,  super kaya (centa) dengan aset investasi hingga 100 juta dollar AS atau ekuivalen dengan Rp 1,1 triliun, dan super kaya (miliarder) dengan aset investasi lebih dari 100 juta dollar AS atau dikategorikan sebagai miliarder. 
 
Untuk tahun 2013, orang Indonesia yang masuk kategori super kaya sebanyak 626 orang. Sementara super kaya centa sejumlah 185 orang, dan miliarder sebanyak 23 orang. Untuk kategori terakhir, adalah mereka yang selama ini menjadi "langganan" daftar peringkat orang terrkaya versi Forbes. 
 
Associate Director Consultancy and Research Knight Frank Indonesia, Hasan Pamudji, mengatakan, penghitungan jumlah aset investasi tidak termasuk rumah tinggal utama. "Kami menghitung di luar rumah tinggal utama," ujar Hasan kepada Kompas.com, Kamis (20/3/2014).
 
Hasan menambahkan, orang super kaya Indonesia memiliki hunian kedua, ketiga dan seterusnya di beberapa kota berbeda. Mereka juga memiliki portofolio investasi di luar properti yakni saham, emas, dan barang mewah lainnya. 
 
Namun demikian, untuk tahun ini kecenderungan berencana membeli properti masih sangat kuat. Demikian juga halnya dengan rencana berinvestasi rumah di luar negeri seperti Singapura, Australia, Inggris, dan Amerika. 
 
"Investasi portofolio di sektor properti juga masih sangat kuat. Dari semua orang super kaya yang masuk daftar tahun 2013, 30 persen di antaranya mengatakan akan memperluas investasi portofolio di sektor properti. Ini mengindikasikan, bahwa sektor properti untuk tahun ini dan tahun-tahun mendatang masih akan bagus prospeknya, terutama properti mewah," papar Hasan. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index