Ingin Tampil Modis dengan Uang Minim? Ikuti Enam Tips Ini

Ingin Tampil Modis dengan Uang Minim? Ikuti Enam Tips Ini
London - Jika Anda ingin tetap bergaya tapi tidak punya cukup uang, ada baiknya ikuti saran editor mode media Inggris The Guardian, Hadley Freeman. Dia punya lima cara agar Anda tetap bisa bergaya dengan sedikit uang, atau bahkan tanpa uang.
 
1. Pergilah ke toko loak
Menurut Hadley, di Inggris, ada banyak sekali toko amal Oxfam yang bisa menjadi "tambang emas". Dia tidak malu-malu mengakui pernah mengaduk-aduk tumpukan pakaian bekas di toko ini untuk mencari barang-barang bermerek. “Aku pernah menemukan sebuah tas Gucci yang bagus dari salah satu toko Oxfam di Kensington Road dan juga dress impianku di Westbourne Grove dekat Portobello, keduanya di London,” kata Hadley. Di Jakarta, Anda pun bisa mencoba untuk mencari barang-barang seperti itu di Pasar Senen misalkan. Tak ada salahnya dicoba.
 
2. Belanjalah di lemari Anda
Akan ada banyak barang yang ditemukan di dalam lemari yang bisa jadi sudah Anda lupakan. “Luangkanlah satu waktu pada hari Minggu untuk mengeluarkan seluruh isi lemari dan cobalah untuk menyortir pakaian milik Anda,” kata Hadley. Bawalah barang-barang yang sudah tidak Anda sukai atau mungkin tidak lagi muat ke toko amal terdekat. Jika sulit mencari toko itu di Jakarta, sumbangkanlah ke mereka yang membutuhkan atau bikinlah garage sale kecil-kecilan.
 
3. Cari tahu kapan waktu sale
Cermati koran dan cobalah memelototi brosur-brosur yang menawarkan kemungkinan sale, ataupun cobalah bertanya pada petugas toko. “Meskipun jawaban paling buruk yang bisa Anda terima adalah tidak ada sale,” kata Hadley.
 
4. Cobalah belajar menjahit
Hadley mengakui bahwa ini adalah saran yang tidak pernah bisa dia ikuti. “Namun aku tahu pasti beberapa temanku yang bisa menjahit punya beberapa pakaian yang sangat keren,” ujarnya. Menurut Hadley, kalau bisa menjahit, Anda bisa membuat baju-baju model terbaru dengan penyesuaian selera. “Dan pengeluaran Anda pun 50 kali lipat lebih murah dibandingkan belanja baju.”
 
5. Punya sikap yang baik dan percaya diri
“Percaya atau tidak, sebagian besar orang membeli baju baru karena pakaian baru bisa membuat mereka merasa lebih baik,” kata Hadley. Namun yang terpenting, dia melanjutkan, adalah sikap yang positif terhadap diri Anda. Untuk tampil fashionable, tidak melulu harus dengan biaya mahal berjuta-juta. Piawai memadukan pakaian dan percaya diri adalah resep paling utama untuk bisa tampil modis, dan jangan lupa selalu rendah hati. (rep03)
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index