Tiga ini, Membuat Masyarakat Percaya Jokowi

Tiga ini, Membuat Masyarakat Percaya Jokowi
Jakarta - Dalam beberapa nama Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo selalu menempati posisi teratas sebagai calon presiden potensial. Hal itu membuat beberapa Parpol tertarik untuk mengusung Jokowi di ajang pemilihan presiden tahun 2014.
 
Menanggapi hal itu, Rektor Universitas Paramadina Anis Rasyid Baswedan menilai kemunculan Jokowi saat ini memang tepat, ditengah kondisi masyarakat yang tidak percaya lagi pada pemimpinnya. Dan Jokowi memiliki kriteria untuk membangun kepercayaan masyarakat.
 
"Saat ini kepercayaan itu levelnya amat-amat rendah. Dan untuk mengembalikan kepercayaan itu bukan lah perkara gampang. Sebab ada syaratnya, ada rumusnya yakni kompetensi, integritas dan kedekatan dengan rakyat. Kenapa orang percaya kepada Jokowi karena dia punya tiga itu," 
 
Anis melanjutkan, saat ini banyak pemimpin yang lebih bersifat self interest. Ia mencontohkan Soekarno-Hatta sebagai dua pemimpin yang mempunyai kompetensi, integritas dan kedekatan dengan rakyat.
 
"Sehingga saat itu penjajah merasa keduanya harus dipisahkan dari rakyat, karena bila dimatikan maka akan timbul semangat perjuangan yang lebih lagi," ujarnya mencontohkan.
 
Ia menambahkan menambahkan, seorang pemimpin seharusnya mampu mengarahkan masyarakat untuk mencapai tujuan, bukan melakukan hal sebaliknya. "Pemimpin itu harus hadir sebagai dirijen, memberi nyawa pada perhelatan, beri perasaan pada tujuan mengarah kepada sesuatu, ini yang kemudian dilakukan Jokowi," tandasnya.(rep03)
 
 
 
 

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index