Tips Perkenalkan Berenang Pertama ke Bayi Anda

Tips Perkenalkan Berenang Pertama ke Bayi Anda
ilustrasi
Jakarta - Belajar berenang merupakan bagian penting dari pertumbuhan dan ada baiknya diperkenalkan sedini mungkin. Para ahli menyebut dua bulan adalah yang waktu ideal untuk memperkenalkan kolam pertama bayi Anda.
 
Namun kegiatan yang seharusnya menyenangkan ini bisa menjadi sesuatu yang mengejutkan bayi Anda jika dilakukan tiba-tiba tanpa persiapan dan perkenalan.
 
Seperti dilansir dari boldsky, beberapa tips bisa dilakukan agar bayi Anda menikmati aktifitas belajar berenang pertamanya.
 
1. Beberapa jam sebelum ke kolam renang, sebaiknya biasakan dulu ia bermain air barang sebentar di bak mandinya di rumah Anda. Percikan air dan bermain adalah cara bagus membangun kepercayaan bayi Anda di dalam air.
 
2. Kolam renang dan lingkungannya bisa menjadi tempat dengan suasana yang sibuk dan berisik. Ada baiknya untuk mengunjungi kolam renang misalnya hanya untuk beberapa bayi sekali sesi atau di awal hari. Suasana santai akan memberikan pengalaman menyenangkan bayi Anda.
 
3. Untuk pengalaman berenang pertama, cobalah menghabiskan maksimum 15-20 menit membuat mereka terbiasa dengan lingkungan dan air.
 
4. Kenakan pakaian untuk menjaga bayi Anda nyaman dan aman sepanjang waktu mereka di air.
 
5. Periksa suhu kolam renang, 32 derajat adalah temperatur ideal untuk bayi berusia di bawah 3 bulan.
 
6. Jika Anda tidak percaya diri dalam air, ajak pasangan atau teman untuk membantu. Jika Anda merasa santai, maka bayi Anda juga akan merasa santai.
 
7. Tetap dekat dan buat kontak mata dengan bayi sambil tersenyum, tertawa dan berbicara akan membuat mereka merasa nyaman dan menikmati pengalaman.
 
8. Bawa alat bantu renang untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bayi, seperti ban ini ideal untuk memberikan dukungan dan daya apung bayi di dalam air.
 
9. Aktifitas di kolam renang akan membakar banyak energi dan mudah dehidrasi, jadi pastikan bawa serta susunya atau jika bayi Anda sudah makan, bawa serta makanannya jadi segera setelah bayi Anda selesai berenang langsung bisa diberikan.
 
10. Yang paling penting, bersenang-senang dan menikmati ikatan Anda bersama dengan bayi Anda.(rep03)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index