Asap Sangat Pekat, Rakyat Riau Sudah Layak Mengungsi

 Asap Sangat Pekat, Rakyat Riau Sudah Layak Mengungsi
PEKANBARU-Kondisi asap di Riau yang sudah sangat pekat, memunculkan isu bahwa rakyat Riau sudah layak mengungsi ke daerah lain. Sayangnya, Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Riau, Zainal Arifin tak bisa menjawab ketika ditanya apakah masyarakat Riau sudah selayaknya mengungsi dengan kondisi kabut asap yang semakin hari semakin pekat, Kamis (13/3/2014).
 
Zainal menyatakan, jika memang ada arahan atau instruksi untuk mengungsikan masyarakat, itu adalah ranahnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau. "Memang kondisi kabut asap di Riau sudah sangat berbahaya, sementara untuk mengungsi, itu ranahnya Pemprov Riau," kata Zainal.
 
Namun dirinya mengaku, bahwa sejumlah aktivitas di luar rumah atau ruangan harusnya tidak lagi berlangsung. Karena data kasus penyakit di Riau yang makin bertambah setiap harinya lebih kepada mereka yang beraktivitas di luar. "Kondisi cuaca sudah tidak layak untuk dihirup, semua masyarakat harus bija menyikapi imbauan Pemprov Riau untuk meminimalkan kegiatan atau aktivitas di luar ruangan," tegas Zainal.
 
Status darurat cuaca di Riau saat ini juga akan dibahas dalam rapat antara Diskes Riau bersama Diskes kabupaten/kota, BLH, BMKD serta sektor terkait lainnya. "Yang jelas penanganan akan dipertajam dan nantinya akan dilaporkan ke Gubernur Riau," ujar Zainal.
 
Diskes Riau juga menginstruksikan kepada seluruh pelayanan kesehatan masyarakat terus disiagakan. Karena kondisi saat ini sangat memungkinan untuk menambah daftar kasus penyakit di Riau. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index