Polisi Buru Kazem Ali, Pemesan Tiket Malaysia Airlines

 Polisi Buru Kazem Ali, Pemesan Tiket Malaysia Airlines
Kuala Lumpur-Kazem Ali, warga negara Iran yang pernah tinggal di Pattaya, Thailand, kini diburu aparat keamanan negeri itu. Pria inilah yang memesan dua tiket Malaysia Airlines yang kini hilang dengan menggunakan paspor curian. 
 
Agen perjalanan di resor Pattaya menyatakan seseorang yang dia tahu hanya sebagai "Mr Ali" memintanya mem-book tiket untuk dua orang pada tanggal 1 Maret. Dia awalnya telah memesan untuk penerbangan lain. Namun, pada tanggal 6 Maret, ia meminta untuk dipesankan lagi. 
 
Dia mengatakan kepada Financial Times, Ali membayarnya dalam bentuk tunai. 
 
Ali kini diketahui telah pulang kembali ke Iran. Agen perjalanan yang menjual tiket untuk Ali mencoba menghubunginya selama akhir pekan lalu melalui ponsel yang digunakan untuk memesan. Sempat mati, belakangan diketahui ponsel ini berada di Teheran. 
 
Ali diketahui beberapa kali memesan tiket. Benjaporn Krutnait, yang memiliki agen perjalanan yang digunakan oleh Ali, Grand Horizon, mengatakan sangat umum di Thailand orang memesan tiket melalui calo yang berusaha mengambil keuntungan dari selisih harga.
 
Kini fokus penyelidikan dilakukan pada dua pengguna paspor palsu dalam penerbangan itu. Pihak keamanan Malaysia saat ini telah mengantongi rekaman CCTV penumpang yang dicurigai, yang salah satunya digambarkan berbadan kekar dan berkulit gelap. 
 
Gambar mereka beredar di seluruh badan-badan intelijen internasional dan akan direferensikan dengan perangkat lunak pengenalan wajah. Para pejabat menyatakan salah satu penjelasan yang mungkin untuk paspor curian adalah digunakan untuk kasus imigran ilegal.
 
Pesawat dengan nomor penerbangan MH370 menghilang dari layar radar pada Sabtu dinihari, sekitar satu jam setelah mengudara dalam penerbangan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Tidak ada sinyal marabahaya dikirim dari pesawat yang hilang. Angkatan Udara Malaysia menyatakan pelacakan radar menunjukkan pesawat mungkin telah kembali dari rute yang dijadwalkan sebelum menghilang. (rep05)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index