Riau

Ampun, Warga Riau Terserang ISPA Capai 30 Ribu Orang Lebih

PEKANBARU-Dalam kurun waktu beberapa minggu ini, wajah Provinsi Riau selalu diselimuti asap. Hal ini memberikan efek buruk bagi kesehatan masyarakat, terlihat dari banyaknya korban ISPA dan penyakit lainnya di Riau saat ini.
 
Seperti data yang didapat dari Kepala Dinas Kesehatan Riau, Zainal Arifin, Selasa (4/3/2014). ''Data yang didapat dari kabupaten/kota telah mencapai 30.249 jiwa korban ISPA di Riau, meningkat dari kemarin yang jumlahnya 27.587 jiwa,'' jelasnya. 
 
Selain ISPA, warga Riau yang saban hari belakangan ini harus menghirup udara tercemar asap kebakaran hutan lahan, juga terjangkit penyakit lain seperti Pneumonia 562 jiwa, Asma 1.109 jiwa, Iritasi Mata 896 jiwa, dan Iritasi Kulit 1.490 jiwa.
 
Ditambahkannya, data ini kemungkinan akan terus meningkat karena hingga hari ini kabut asap belum berkurang juga. Namun dia berharap tindakan penanganan bencana kabut asap yang dilakukan pemerintah saat ini bisa mengurangi kabut asap dan bahayanya sesegera mungkin.
 
Pesannya kepada warga Riau, agar mengurangi aktifitas di luar rumah dan tetap mengkonsumsi makanan bergizi yang cukup untuk menjaga kesimbangan tubuh agar tidak gampang diserang penyakit akibat dampak kabut asap. (rep05)
 

[Ikuti Riaudaily.com Melalui Sosial Media]