Luar Biasa, Barca Hancurkan City di Kandang Sendiri

 Luar Biasa, Barca Hancurkan City di Kandang Sendiri
MANCHESTER-Barcelona berhasil meraih kemenangan 2-0 atas Manchester City yang harus bertanding dengan 10 pemain sejak menit ke-53 pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad, Selasa atau Rabu (19/2/2014).
 
Meski tampil di hadapan pendukung tuan rumah, Barcelona mengambil inisiatif menyerang sejak menit-menit awal. Mengandalkan trio Xavi Hernandes, Iniesta dan Fabregas, beberapa kali Barcelona mencoba menusuk jantung pertahanan City. 
 
Namun, barisan pertahanan City tampil cukup disiplin. Beberapa kali skuad asuhan Manuel Pellegrini itu juga mampu menekan Barcelona lewat serangan balik dari sisi sayap yang dimotori oleh David Silva dan Jesus Navas. 
 
Pada menit ke-18, City memperoleh peluang pertama melalui Alvaro Negredo. Akan tetapi, meski mampu melewati hadangan Gerard Pique, bola tendangan Negredo dari sisi kanan kotak penalti Barcelona belum menemui sasaran. 
 
Memasuki pertengahan babak pertama, Barcelona tidak melepaskan satu pun tembakan ke gawang City. Sementara itu, tim tuan rumah justru kembali membahayakan gawang Barcelona melalui eksekusi tendangan bebas David Silva yang berujung pelanggaran Vincent Kompany terhadap Victor Valdes pada menit ke-25. 
 
Barcelona kemudian kembali mencoba membangun serangan. Namun, rapatnya barisan belakang City yang menaruh sekitar tujuh hingga delapan pemain di lini pertahanan membuat Barcelona kesulitan menembus. 
 
Tembakan ke gawang pertama Barcelona dihasilkan melalui Lionel Messi pada menit ke-30. Namun, bola tembakan Messi yang bekerjasama satu dua dengan Xavi masih melebar di sisi kiri gawang City yang dikawal Joe Hart. 
 
Dua menit berselang, Messi kembali mengancam. Kali ini dia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Beruntung, Hart tampil sigap dengan menepis bola tendangan tersebut sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok. 
 
Selepas turun minum, petaka menghampiri kubu City setelah Demichelis diganjar kartu merah oleh wasit karena melanggar Messi di kotak terlarang pada menit ke-53. Tanpa ampun, Messi yang menjadi algojo penalti pun sukses membobol gawang Hart untuk membawa Barcelona unggul 1-0. 
 
Kehilangan Demichelis, Pellegrini kemudian melakukan pergantian taktik. Samir Nasri dan Joleon Lescott masuk menggantikan Jesus Navas dan Aleksandar Kolarov. Meski kalah jumlah pemain, City masih mampu beberapa kali mengancam barisan belakang Barcelona lewat serangan balik. 
 
Pada menit ke-77, misalnya, ketika Silva memperoleh umpan dari Pablo Zabaleta. Akan tetapi, bola tendangan Silva masih dapat dimentahkan oleh Valdes yang melakukan penyelamatan gemilang. 
 
Memasuki menit-menit akhir, City terus mencoba untuk menyamakan kedudukan. Akan tetapi, City justru kembali kebobolan setelah Daniel Alves mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah memaksimalkan kerjasama satu dua dengan Neymar pada menit ke-90. Skor 2-0 untuk Barcelona pun bertahan hingga laga usai. 
 
Menurut catatan UEFA, sepanjang pertandingan, Barcelona menguasai bola sebanyak 62 persen dan menciptakan tujuh peluang emas dari 10 usaha. Adapun tim tuan rumah melepaskan empat tembakan akurat dari sembilan percobaan. 
 
Kekalahan ini membuat City mau tidak mau harus bekerja keras pada leg kedua di Camp Nou pada 12 Maret. Dengan begitu, City harus menang dengan selisih tiga gol jika ingin melaju ke perempat final. (rep05)
 
Susunan pemain:
Man City (4-4-1-1): 1-Joe Hart, 4-Vincent Kompany, 5-Pablo Zabaleta, 13-Aleksandar Kolarov, 22-Gael Clichy, 26-Martin Demichelis, 15-Jesus Navas, 21-David Silva, 25-Fernandinho, 42-Yaya Toure, 9-Alvaro Negredo
Pelatih: Manuel Pellegrini
 
Barcelona (4-3-3): 1-Victor Valdes, 3-Gerard Pique, 14-Javier Mascherano, 18-Jordi Alba, 22-Daniel Alves, 4-Cecs Fabregas, 6-Xavi Hernandez, 8-Andres Iniesta, 16-Sergio Busquets, 9-Alexis Sanchez, 10-Lionel Messi
Pelatih: Gerardo Martino
 
Wasit: Jonas Eriksson (Swedia)

Rekomendasi

Index

Berita Lainnya

Index